Tips Lengkap Bagaimana Menaikkan Berat Badan Secara Cepat Aman Dan Sehat
Image by Vidmir Raic from Pixabay

Tips Lengkap Bagaimana Menaikkan Berat Badan Secara Cepat Aman Dan Sehat

Banyak cara menggemukkan badan pada saat ini memiliki berbagai macam variasi, mulai dengan cara-cara alami sampai dengan cara mengkonsumsi obat penambah berat badan. Terdapat beberapa cara menambah berat badan bagi kamu yang ingin memiliki berat badan yang normal ataupun ideal.

Sebelumnya akan lebih baik kita mengetahui mengapa seseorang susah untuk menakkan bobot tubuhnya.

Hal-hal yang Menyebabkan Sesorang Menjadi Kurus

  1. Gaya Hidup

Banyak orang yang susah untuk menaikkan berat badan tanpa mereka sadari bahwa kalori yang mereka konsumsi sangat kurang sehingga susah untuk menaikkan bobot tubuh. Meninggalkan slah satu jadwal makan juga dapat menjadi faktor sulitnya menggemukkan badan, seperti sarapan atau makan siang di karenakan kesibukkan mereka.

Lemak dan karbohidrat juga sering mereka lewatkan, padahal kedua zat itu juga sebagai penentu naiknya berat badan. ada juga yang sangat rutin berolahraga tetapi mereka tidak makan kalori yang telah habis terbakar saat olahraga, termasuk protein yang dapat membentuk otot tubuh.

  1. Gangguan Metabolisme

Ada juga yang susah gemuk di karenakan metabolisme tubuh yang sangat capat, sehingga seberapa banyaknya pun mereka makan akan cepat di proses oleh tubuh menjadi tenaga. Gangguan seperti ini di sebabkan oleh beberapa penyakit, antara lain :

  • Hipertirod

Kelenjar tiroid mempengaruhi metabolisme akan meningkat dan kalor

Yang ada di tubuh akan terbakar secara cepat hal ini lah yang di sebut dengan hipertiroid. Hanya nafsu makan yang meningkat tetapi tidak berpengaruh pada bobot tubuh.

  • Diabetes

Insulin mengatur jumlah glukosa dalam tubuh, yang membuat pengaruh besar terhadap berat badan dan nafsu makan oleh hormon yang merupakan sumber bahan bakar utama tubuh.

  1. Psikologis

Jika segala cara telah di tempuh dan belum ada kenaikkan bobot tbuh, maka bisa jadi itu dikarenakan masalah psikis. Sering kita temui jika seseorang mempunyai suatu masalah berat, maka nafsu makan akan berkurang walaupun perut belum terisi sama sekali. Tak hanya berpengaruh pada tubuh, stres jugadapat mengganggu kerja pencernaan.

  1. Faktor Genetik

Faktor genetis mempengaruhi metabolisme seseorang berproses cepat, atau usu yang menyerap makanan hanya sedikit sekalipun makan dengan porsi besar. Oleh sebab itu mau seberapa banyak makanan punyang masuk ke dalam perut tetapi badan susah gemuk.

Sebelum kita membahas bagaimana menambah berat badan, kamu harus tau apakah berat badanmu sudah termasuk normal atau ideal, atau bahkan mungkin saja berat badanmu saat ini masih termasuk kategori kurus.

Terdapat dua rumus untuk menentukan berat badanmu normal atau ideal atupun kekurangan berat badan. Rumus pertama yaitu rumus Borca dan rumus kedua yaitu dengan rumus BMI (Body Mess Index).

Rumus Borca

Rumus untuk laki-laki: Berat badan ideal (kg) =

[Tinggi Badan (cm) – 100] – [(Tinggi Badan (cm) – 100 x 10 %]

Rumus untuk wanita: Berat badan ideal (kg) =

[Tinggi Badan (cm) – 100] – [(Tinggi Badan (cm) – 100 x 15 %]

Misalnya, untuk laki-laki yang memiliki tinggi 170 cm, cara menghitungnya adalah [170-100] – [(170-100) x 10%] maka akan menjadi 70-7 = 63, jadi berat badan ideal kamu adalah 63 kg.

Rumus BMI (Body Mess Index)

Untuk kamu yang ingin mempunyai berat badan yang normal, gunakanlah rumus berikut ini untuk mengetahui apakah berat badanmu sudah normal atau belum.

IMT =                Berat Badan (Kg)

Tinggi Badan (m) x Tinggi Badan (m)

 

Setelah melakukan perhitungan diatas, maka sesuaikanlah hasil yang anda dapatkan dengan ketentuan dibawah ini:

  • Kamu dikatakan kurus jika hasil IMT kurang dari 18,5
  • Kamu dikatakan normal jika hasil IMT sebesar 18,5-25
  • Kamu dikatakan overweight (kelebihan berat badan) jika IMT sebesar 25,1-27
  • Kamu dikatakan obesitas jika hasi IMT lebih dari 27

Setelah melakukan perhitungan sesuai dengan ketentuan diatas, kamu juga perlu mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan berat badanmu tidak naik-naik.

 

Cara Menggemukan Badan Dengan Efektif
Image by Sebastian Šoška from Pixabay

Cara Menggemukan Badan Dengan Efektif

Setelah memperhatikan faktor-faktor yang telah disebutkan diatas, kita akan kembali pada perhitungan yang telah dilakukan sebelumnya. Apabila hasil perhitungan yang telah kamu lakukan menunjukkan bahwa kamu masih memiliki berat badan yang kurang, kamu dapat mencoba cara menaikkan berat badan agar kamu dapat mewujudkan impianmu untuk memiliki berat badan yang normal ataupun berat badan yang ideal.

Beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memperoleh berat badan yang normal atau ideal adalah:

  1. Perbanyak mengkonsumsi karbohidrat

Mengapa karbohidrat dapat membantu kamu untuk menambah berat badan? Hal ini karena mengkonsumsi karbohidrat berlebih dapat menyebabkan terjadinya peningkatan glukosa darah. Lalu, pankreas akan mengeluarkan hormon insulin ke aliran darah untuk menurunkan kadar glukosa darah yang tinggi. Hormon insulin yang dikeluarkan oleh pankreas ini memiliki fungsi untuk untuk menyimpan kelebihan karbohidrat dalam bentuk lemak untuk membuat cadangan energi dan hormon insulin juga berfungsi untuk tidak mengeluarkan lemak yang tersimpan. Kondisi inilah yang menyebabkan tubuh kita mengalami peningkatan berat badan.

  1. Mengkonsumsi cemilan yang sehat

Mengkonsumsi cemilan atau makanan kecil ternyata dapat membantu tubuh untuk menambah berat badan loh. Kamu dapat mengkonsumsi cemilan saat sedang melakukan pekerjaan, pada saat menonton tv atau disela-sela waktu senggang yang lainnya. Contoh cemilan-cemilan sehat yaitu buah-buahan, biji-bijian dan yogurt yang dicampur dengan varian buah-buahan.

  1. Jangan minum air putih sebelum makan

Air putih dapat membuatmu menjadi kenyang lebih awal. Secara logika, apabila kamu kenyang lebih awal maka kamu akan kehilangan nafsu makanmu dan bisa saja kamu menjadi tidak ingin untuk menghabiskan makananmu. Hal ini akan menyulitkanmu untuk menambah berat badan. Kebiasaan mengkonsumsi air putih sebelum makan biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sedang menurunkan berat badan.

  1. Minum susu

Perlu diketahui bahwa tubuh membutuhkan protein sekitar 0,8 gram/berat badan (kg)/hari agar dapat membentuk otot-otot baru. Oleh karena itu, kamu dapat mengkonsumsi susu untuk membantu mencukupi kebutuhan protein tersebut. Jenis makanan lain yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yaitu daging, telur dan juga ikan. 

  1. Harus sarapan

Banyak orang-orang yang menganggap bahwa sarapan tidak penting bagi tubuh sehingga kebanyakan dari mereka melewatkan kebiasaan sarapan. Selain karena menganggap sarapan tidak penting, beberapa orang juga tidak sarapan karena padatnya kesibukan mereka. Padahal bagi kamu yang ingin menambah berat badan, sarapan wajib untuk dilakukan. Selain untuk menambah berat badan, sarapan juga berfungsi sebgai sumber energi untuk memulai aktivitas.

  1. Rutin berolahraga

Berat badan yang dimaksud disini adalah pembentukan otot tubuh yang akan membuat tubuhmu semakin berisi. Beberapa jenis olahraga yang dapat membantu membentuk otot tubuh adalah berenang, angkat beban, bersepeda, boxing dan push-up.

  1. Jangan begadang

Begadang juga ternyata berpengaruh loh terhadap usahamu dalam menaikkan berat badan. Kamu yang sedang berusaha menaikkan berat badan sebaiknya selalu tidur teratur. Tidurlah maksimal jam 11 agar tubuh dapat melakukan tugasnya untuk melakukan detoks dan mengeluarkan racun-racun yang terdapat didalam tubuh. Tidur dan bangun tepat waktu dapat membantu tubuh untuk menjaga berat badan.

  1. Menambah porsi makan

Kamu dapat memulai dengan makan 3x sehari. Setiap makan sebaiknya tambahkan porsi makanmu sedikit demi sedikit agar perutmu terbiasa dengan porsi makan yang baru. Kamu juga dapat menambahkan kentang jika tidak sanggup makan nasi terlalu banyak.

  1. Batasi latihan kardio

Olahraga diperlukan oleh tubuh dalam pembentukan otot tubuh. Tetapi bagi kamu yang ingin menambah berat badan, sebaiknya kamu membatasi latihan kardio karena latihan kardio dapat mengurangi lemak yang terdapat dalam tubuhmu. Oleh karena itu, kurangi olahraga kardio demi kelancaran penggemukan badan yang kamu lakukan.

  1. Mengkonsumsi vitamin

Mengkonsumsi vitamin dapat membantu untuk meningkatkan nafsu makan. Selain itu, vitamin B dapat membantu untuk mencerna nutrisi yang masuk kedalam tubuh. Percuma jika kamu mengkonsumsi banyak makanan tetapi tubuhmu tidak menyerap nutrisi yang terdapat didalam makanan tersebut dengan baik.

  1. Hindari junk food

Hindari kebiasaan untuk mengkonsumsi junk food, baik itu hot dog, burger maupun pizza. Makanan jenis ini banyak mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang dapat menimbun lemak dan meningkatkan resiko terjadinya kolestrol. Pilihlah makanan yang mengandung nutrisi yang cukup bagi tubuh untuk menambah berat badan. Junk food adalah salah satu makanan yang paling dihindari jika mencoba cara menurunkan berat badan dengan cepat secara alami.

susu penambah berat badan pilihan
Image by Couleur from Pixabay

Susu Penambah Berat Badan

Susu untuk menggemukan badan sudah banyak kita temui di pasaran seperti di apotik apotik, toko kecantikkan, swalayan terutama online shop. Susu juga termasuk cara yang tepat menaikkan berat badan lebih cepat hanya memerlukan waktu yang singkat, tergantung juga dari respon tubuh seseorang. Mengapa banyak yang memilih susu untuk menggemukkan badan ?

  1. Praktis

Dengan minum susu kita tidak lagi di repotkan dengan penggemuk badan dalam bentuk makanan yang butuh waktu dan tempat. Berbeda dengan susu, kita tinggal minum, tidak ribet, mudah dan kapan saja bisa di lakukan.

  1. Kandungan yang lengkap

Bila di amati dari nilai kandungan nutrisinya, susu yang di khususkan untuk menambah berat badan mempunyai lebih tinggi kalori, lemak, protein dan gulanya di banding dengan susu sapi biasa.

  1. Susu lebih manjur menaikkan berat badan

Minum susu suplemen dapat meningkatkan asupan kalori pada tubuh, tapi tidak melulu bergantung pada susu supkemen ya, karena kita juga membutuhkan makanan yang mengandung banyak nutrisi lainnya karena susu suplemen hanya tambahan bukan pengganti makanan.

Susu rekomendasi itu antara lain :

  1. Appeton weight gain adult
  2. L – men gain mass
  3. Herbalife nutritioal shake mix
  4. Ensure vanilla
  5. Ultimate nutrition prostar 100% whey protein
  6. Ultimate nutrition ISO sensation 93
  7. Met RX xtreame size up
  8. Weight gainer
  9. Muscletech mass tech
  10. Cytosport monster mass
  11. Mutant mass muscle mas gainerking mass xl ronnie coleman
  12. Musclemeds carnivor mass
  13. Nestle nutren optimum
  14. Dancow fortigro enriched full cream

Tetapi susu suplemen juga mempunayi efek samping jika terlalu sering mengkonsumsi susu suplemen, resiko itu adalah  :

  1. Diabetes

Jkandungan gula yang terdapat pada susu suplemen sangat tinggi, sekitar 17 gram per gelas. Jika kita minum 3 gelas dalam satu hari maka akan melebihi batas normal gula yang sewajarnya masuk ke dalam tubuh, belum lagi gula yang terdapat pada makanan dan minuman lainnya.

  1. Penyakit hati

Protein yang terlalu tinggi akan mengganggu kerja organ hati untuk menyaring zat zat sisa dalam tubuh dan inilah yang meningkatkan resiko penyakit hati.

  1. Jantung

Sama halnya dengan yang di atas, kalori yang berlebih juga menimbuklan resiko penyakit jantung.

Itulah beberapa produk susu yang direkomendasikan.

Cemilan Sehat Penambah Berat Badan
Image by RitaE from Pixabay

Cemilan Sehat Penambah Berat Badan

Cemilan memang membuat tubuh sangat cepat menaikkan berat badan, namun perlu diingat bahwa tidak semua cemilan baik untuk di konsumsi. Ada beberapa cemilan sehat yang dapat membantu menambah berat badan, antara lain adalah :

  1. Mangga

Buah mangga banyak mengandung gizi dan kalori, mempunyai daging berwarna kuning dengan rasanya yang manis sangat banyak di temui di Indonesia yang memang beriklim tropis yang menjadi tempat menanam. Buah ini dapat di jadikan cemilan yang pasti sehat karena alami dan tidak mengandung bahan kimia dapat menambah bert badan. dari beberapa jenis mangga yang kita kenal, mangga yang ccocok untuk menaikkan berat badan adalah mangga gedong yang dapat di konsumsi atau di buat jus. Bagaimanapun cara menyantap, buah ini sangat recomanded untuk menambah berat badan.

  1. Alpukat

Buah berwarna hijau ini lebih akrab jika di jadikan jus atau sup buah, sangat cocok di jadikan penambah berat badan, karena kandungan kalori dan vitamin yang mempunyai peran penting untuk gemukkan badan. mengapa dapat menaikkan berat badan ? karena di dalam alpukat terkandung poptasium, asam folat dan berbagai vitamin yang dapat menambah berat badan. oleh karena itu buah ini cocok di jadikan cara untuk mendapat bobot tubuh yang lebih berat.

  1. Pisang

Di dalam buah pisang terkandung kalori yang sangat tinggi yang merupakan sumber tenaga dalam tubuh, gula alaminya yang berperan meningkatkan hemoglobin yang dapat menjaga ketahanan tubuh dari serangan penyakit. Dan lemak, protein, kalsium, fosfor dan vitamin yang melengkapi zat yang dapat menggemukkan badan.

  1. Kacang Kenari

Kacang kenari mempunyai kandungan omega 3 dan protein  yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Mengkonsumsi kacang kenari juga dapat mencegah penyakit asma, psoriasis, rematik dan penyakit lain yang berbahaya jika mengkonsumsi secara teratur. Kandungan asam pada kenari sangat menyehatkan, jadi pantas jika kacang kenari di jadikan cemilan sehat.

  1. Kacang Almond

Kacang almond mengandung asam oleat pada setiap genggamnya, dan termasuk asam tak jenuh tunggal. Dengan alasan itu maka cocok jika kacang almond juga dapat di jadikan cemilan sehat penambah berat badan, di tambah lagi dengan kandungan energi yang tinggi yang mampu menaikkan berat badan. Nutrisi yang ada pada kacang almond dapat  membentuk antioksidan dalam tubuh.

  1. Kacang Tanah

Kacang tanah adalah salah satu sumber lemak tak jenuh tunggal, dan juga dapat di olah menjadi berbagai macam olahan cemilan. Kacang tanah mempunyai manfaat meningkatkan kinerja otak dan dapat mencegah berbegei penyakit ganas kareana  rendah sodium namun kaya akan kandungan gizi yang menyehatkan. Jadi cemilan ini cocok untuk di njadikan menaikkan berat badan.

  1. Kentang

Kentang dapat membantu asupan karbohidrat sehat untuk menaikkan berat badan. Terutama kentang yang tidak di kupas kulitnya sangat cocok sebagai cemilan sehat, karena selain menyehatkan berat badan kamu akan bertambah.

Itulah beberapa informasi mengenai panduan lengkap menaikkan berat badan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Check Also

7 lokasi wisata yang ramah dan aman bagi wanita

7 Lokasi Wisata Yang Ramah dan Aman Untuk Wanita

Banyak kasus kejahatan dan kriminal yang menjadikan wanita sebagai korban pada saat traveling, di Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *