masalah rayap yang berbahaya bagi keselamatan keluarga

Rayap, Si Binatang Kecil yang Timbulkan Masalah Besar

Rayap termasuk dalam golongan hama yang dapat merusak perabot yang terbuat dari kayu, karena hewan bertubuh kecil ini habitatnya berada di dalam kayu atau di tempat yang usang dan kotor. Biasanya rayap memilih tempat yang lembab dengan suhu udara yang cukup hangat.

Binatang ini memang memiliki ukuran tubuh yang kecil, namun memiliki dampak negatif terhadap manusia sehingga rayap sangat dicegah pertumbuhannya dengan dibasmi sebelum menimbulkan kerugian yang besar. Kita dapat memanfaatkan jasa basmi rayap yang memang ahlinya untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut ini beberapa kerugian rayap pada manusia :

  1. Merusak pondasi rumah

Biasanya sebelum membangun rumah, terlebih dulu akan dibangun pondasi yang terbuat dari kayu. Rayap juga sering hidup di pondasi tersebut dan sedikit demi sedikit menggerogoti kayu. Ukuran rayap memang sangat kecil, namun dapat merusak pondasi rumah yang cukup besar secara bertahap. Tak heran rayap dianggap sebagai hewan bertubuh kecil namun dapat menjadi penyebab kerugian besar. Kini hewan ini akan dibasmi jika berada di tempat yang dapat merugikan.

  1. Mengancam Keselamatan

Masih berhubungan dengan pondasi, jika pondasi menjadi rapuh maka tentu saja keselamatan seisi rumah akan terancam. Ciri ciri yang terlihat jika pondasi telah dihinggapi rayap adalah terdapat banyak lubang dan kayu yang mulai keropos.

  1. Merusak Surat Berharga

Rayap juga dapat menyerang surat surat lama yang tersimpan dilemari atau di ruang terbuka, meskipun hanya sebagian saja namun tentu saja dapat merugikan, apalagi jika surat surat tersebut adalah surat surat yang sangat penting yang pastinya untuk membuat ulang membutuhkan waktu yang cukup lama.

  1. Merusak Perabot Rumah

Kerugian lain yang disebabkan oleh rayap adalah rayap dapat merusak perqabotan yang terbuat dari kayu. Rayap memang berhabitat di kayu yang salah satunya adalah perabot rumah yang terbuat dari kayu, sehingga menyebabkan perabot keropos dan rapuh.

  1. Rumah Menjadi Kotor dan Menganggu Kesehatan

Keberadaan binatang berukuran kecil ini juga dapat mengotori rumah. Segala tempat yang dijadikan tempat hidup rayap, akan meninggalkan sisa kotoran. Hal tersebut tentu saja sangat menganggu kesehatan manusia yang ada di sekitar dan rumah juga kotor. Sisa kotoran yang disebabkan oleh rayap dapat terhisap oleh tubuh dan mengganggu pernafasan.

Untuk itu, kita semua harus waspada terhadap keberadaan rayap, namun ada beberapa cara yang dapat membasmi rayap, seperti berikut ini,

  1. Air Cucian Beras

Cara membasmi rayap menggunakan bahan ini yaitu menggunakan air bekas cucian beras untuk disiramkan ke daerah yang terdapat rayap. Kamu dapat menyiramkan air beras tersebut langsung ke tanah dimana rayap itu tinggal.

  1. Oli atau solar

Selain air bekas cucian beras, kamu juga dapat memanfaatkan oli atau solar untuk mencegahnya. Jika oli atau solar di siramkan ke sarang rayap, maka akan menyebabkan rayap kepanasan hingga akhirnya pergi atau bahkan mati.

  1. Lidah Buaya

Perabot yang terbuat dari kayu pun tak luput dari serangan hama rayap, namun ada satu bahan yang dapat membantumu untuk membasminya yaitu lidah buaya. Lidah buaya selain dapat digunakan sebagai bahan untuk kecantikkan ternyata juga dapat membasmi rayap, caranya adalah dengan menyemprotkan lidah buaya yang sudah di blender ke area yang dihinggapi rayap.

  1. Air Garam

Larutan air garam sangat aman dan juga tidak akan mengotori tembok rumah karena sifatnya yang mudah kering. Caranya mudah, dengan menyemprotkan larutan air ke garam ke area tempat persembunyian garam.

Selamat mencoba!

Check Also

Mineral Alami Ini Juga Mampu Menjaga Kesehatan Kulitmu

Mineral Alami Ini Juga Mampu Menjaga Kesehatan Kulitmu, Nomor 8 Untuk Yang Mampu Saja Ya?

Menjaga kesehatan kulit adalah aktivitas utama yang sering dilakukan oleh wanita untuk mempertahankan kecantikan yang …