young 3507784 640

Pentingnya Pendidikan Di Miliki Oleh Seorang Wanita

Saat ini wanita menjadi pesaing berat di dunia kerja, karena wanita juga mampu meningkatkan kualitas dirinya untuk  bisa  bersaing  dengan  laki  laki.  Dengan  pendidikan  wanita  akan  meningkatkan  kualitas dirinya,  tetapi  tak  sedikit  orang  yang  masih  menganggap  bahwa  pendidikan  bagi  kaum  wanita  hanya formalitas saja dan tidak terlalu penting dimiliki wanita.

Bagi orang yang memiliki pemikiran maju pasti akan mengatakan bahwa anggapan tersebut salah besar karena  pendidikan  juga  sangat  penting  bagi  wanita, karena  banyak  manfaat  yang  jauh  lebih  berharga dari sekedar formalitas, dan berikut ini adalah alasannya,

 

Kesempatan Berkarir Lebih Besar

Pendidikan adalah  salah  satu kunci  untuk menuju  keberhasilan  dan mampu menyetarakan  gender,dan dengan  pendidikan  wanita  akan  mendapatkan  kesempatan  untuk  berkarir  dan  menjadi  lebih  baik. Pendidikan  juga  senjata  yang  ampuh  untuk  memerangi  diskriminasi  wanita  yang  sampai  saat  ini  masih sering di jumpai, sehingga tidak akan membatasi wanita untuk berkarya dan berprestasi.

 

Wawasan dan pengetahuan yang luas

Pendidikan   bagi   kaum   wanita   juga   dapat   memperluas   wawasan   dan   pengetahuan,   yang   akan membentuk  wanita  menjadi  pribadi  yang  aktif,  kreatif  dan  inovatif  dalam  melakukan  sebuahkegiatan. Jadi  informasi  yang  di  dapat  wanita  tak  hanya  sebatas  dunia  wanita,  tetapi  juga  mampu  menembus pengetahuan politik, ekonomi, budya dan masih banyak lagi.

 

student 3038994 640

Terbentuknya pola pikir yang kritis

Pendidikan  juga  mampu  membentuk  pola  pikir  seseorang  yang  akan  membuat  wanita  menjadi  sangat kritis   terhadap  sesuatu  di  berbagai  sudut   pandang.  Hal  tersebut  akan  membuat  wanita  mampu memutuskan segala sesuatu menggunakan pikiran yang matang dan tidak akan terpengaruh dengan hal hal negatif.

 

Berbakti pada orang tua

Pendidikan  juga  dapat  di  artikan  sebagai  wujud  bakti  kita  pada  orang  tua, prestasi  yang  kita  raih  tentu akan membanggakan kedua orang tua. Pendidikan dan karir yang dimiliki akan turut menaikkan derajat orang  tua  dan  keluarganya,  yang  mampu  ikut  menopang  kehidupan  orang  tuanya  di  masa  yang  akan datang.

 

Bekal untuk mendidik anak anaknya

Seorang wanita pasti akan menjadi seorang ibu, dimana seorang ibu di tuntut untuk bisa mendidik anak anaknya kelak, apalagi anak akan mudah mencotoh ibunya. Pendidikan bagi ibu sangat berperan penting untuk  bisa  mendidik  anak  anaknya,  karena  mampu  menjadi  sarana  yang  positif  untuk  mendidik  dan memberikan kontribusi dalam tumbuh kembang anak anaknya.

 

Membantu finansial keluarga

Seorang laki laki bertanggung jawab penuhmenafkahi keluarganya sebagai tulang punggung, tetapi ada kalanya laki laki juga mengalami kesulitan finansial dalam keluarga di waktu tidak terduga. Di masa masa seperti  itulah  yang  akan  membuat  pendidikan  berfungsi  pada  wanita,  karena  wanita  dapat  bekerja dengan bisnis sendiri. Wanita selain menjadi ibu rumah tangga, wanita juga mampu berkontribusi untuk membantu suami memnuhi kebutuhan hidup keluarga.

 

young 3803539 640

Sebagai bukti bahwa wanita mampu mandiri

Pendidikan juga dapat  mencerminkan  sebagai  wanita yang  hebat karena  mampu  melibatkan diri  untuk kemajuan masa depan generasi yang akan menjadi pemimpin dunia dengan cara mendidiknya.

 

Pendidikan  memiliki  pengaruh  yang  sangat  penting  pada  wanita  sekalipun,  karena  meskipun  saat  ini zaman  telah  modern  tetapi  di  tengah masyarakat  masih  ada  yang  menganggap  tidak  perlu  seorang wanita mengenyam pendidikan tinggi. Mereka berfikir wanita juga pasti kembali pada kodratnya sebagai ibu rumah  tangga,  oleh  karena  itu wanita tidak  perlu  sekolah  tinggi.  Pernyataan  tersebut  salah,  karena penting untuk dapat memiliki pendidikan tinggi, dan untuk wanita perlu mengetahui alasan pentingnya pendidikan seperti berikut ini.

 

Pendidikan sebagai bekal

Masyarakat  adalah struktur  yang  saling  berkaitan  jika  memandang  dari  sudut  fungsionalisme, dimana masing masing orang memiliki peran dan fungsi yang saling membutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hidup  masing  masing  individu.  Tidak  bisa  di  bayangakan  jika  seorang  wanita  tidak  memiliki  pendidikan sehingga  tidak  memiliki  keterampilan  atau  skills  untuk  bisa  ikut  berkontribusi.

Wanita  tidak  memiliki modal untuk berperan dan berfungsi di masyarakat, lalu bagaimana wanita dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh  karena  itu,  pendidikan  menjadi  bekal  dan  modal  seorang  wanita  untuk  bisa  berperan, berfungsi dalam memenuhi kebutuhannya di masyarakat.

 

Untuk mendidik anak karena seorang

Ibu adalah sekolah pertama untuk anak anaknyaSemua wanita pasti akan menjadi seorang ibu. Saat telah dewasa, menikah dan memiliki anak hanya ibuyang  akan  melindungi  dan  mendidikanak  anaknya.  Ibu  memiliki  peran  yang  sangat  penting  dalam sebuah keluarga, ibu yang mendidik anak anaknya dengan menanamkan akhlak yang baik yang kelak di kemudian  hari  akan  memberikan  pengaruh  positif  bagi  anak  anaknya.  Dengan  modal  pendidikan sang ibu,anak anak pasti akan terdidik dengan baik.

 

Update teknologi

Zaman  serba  teknologi  sekarang  ini  juga  mealnad  pada  bayi,  hal  itu  bisa  terlihat  saat  anak  anak  akan terasa  tenang  saat  diputarkan  lagu,  video  atau  game  dari  smart  phone  yang  dimilki  sang  ibu.  Ibu  yang memilki  pendidikan  tentu  harus  mendampingi  anak  saat  bermain  smart  phone,  karena  banyak  sekali konten  konten  yang  tidak  pantas  di  nikmati  anak  kecil  yang  takutnya  akan  mempengaruhi  sang  anak. Tanpa adanya pengawasan dari ibu, pola pikir anak dan sikap anak dapat terpengaruh ahl ahal nrgative yang terdapat di internet.

 

shoes 4464838 640

Mencegah nikah muda

Dengan pendidikan, maka dapat di cegah terjadinya nikah muda. Karena saat ini di indonesia di wajibkan belajar  selama  12  tahun,  saat  wanita  dinikahkan  setelah  lulus  sekolah  paling  tidak  telah  berusia  tujuh belas tahun ke atas.

 

Mengurangi angka kematian

Tentu Anda akan bertanya tanya apa hubungan pendidikan pada wanita dengan angka kematian. Tentu ada   hubungannya,   karena   pendidikan   akan   mencegah   pernikahan   di   usia muda.   Menikah   lalu melahirkan  di  usia  muda  sangat  beresiko  terjadinyakematian.  Kesadaran  wanita  untuk  mengenyam pendidikan tinggi telah berpengaruh pada angka kematian hingga 66%, karena berkurangnya pernikahan di usia muda.

 

Dapat membantu kehidupan orang lain

Dengan  pendidikan  yang  dimiliki  oleh  seorang  wanita  dan  mendapatkan  skills  yang  dapat  membantu kehidupannya dan orang lain.

 

Mencegah perdagangan manusia

Menurut  riset  dari  UN  Women  menyatakan  bahwa  perempuan  di  bawah  garis  kemiskinandan  tidak berpendidikan     sangat   mudah  mengalami  perdagangan  manusia. Dengan  bekal  pendidikan  maka perdagangan manusia dapat di tekan serendah mungkin. Banyak kita temui kasus perdagangan manusia terutama  wanita  ke  luar  negeri  seperti  Malaysia,  Singapura,  Taiwan,  Jepang,Hongkong,  Brunei,  arab saudi  dan  beberapa  negara  lainnya.  Banyak  wanita  yang  di  eksploitasi  untuk  di  pekerjakan  sebagai asisten rumah tangga, buruh hingga menjadi wanita penghibur secara paksa. Pendidikan yang ada dapat mencegah hal itu terjadi.

 

Mengurangi angka kemiskinan

Kesalahan  besar  jika  menikah  di  usia  muda  dapat  memperbaiki  ekonomi,  memang  keluarga  untuk beberapa  waktu  dapat  tercukupi  tetapi  tidak  akan  bertahan  lama. Dengan  bekal  pendidikan,  wanita akan mendapatkan skills yang dapat digunakan untuk menaikkan status ekonomi keluarganya.

 

asia 1807531 640

Menjadi pribadi mandiri dan percaya diri

Memiliki skills buah dari tingginya pendidikan, akan membuat wanita menjadi pribadi yang mandiri dan tingkat kepercayaan diri yang tinggi.Wanita tidak akan bergantung penuh pada lelaki meskipun telah di nafkahioleh  suami,  hal  itu  akan  meningkatkan  kepercayaan  dirinya  karena  memilki  kemampuan  yang setara dengan suaminya.

 

Ibu yang pintar menjadi keluarga yang sehat

Seorang  ibu  yang berpendidikan  tentu  akan  lebih  tahu  banyak  tentang  pangan  yang  bergizi  untuk keluarga, ibu tidak akan memberikan keluarganya makanan yang tidak baik untuk kesehatan.

 

Itulah  informasi tentang seberapa penting pendidikan dimilki oleh wanita. Pendidikan tidak hanya akan berguna bagi diri  sendiri,  tetapi  orang  lain juga akan merasakan pengaruh baik  dari pendidikan  yang  di miliki wanita.

Check Also

girl lying down 2042581 640

Waspada Penyakit Menular Seksual, Terutama Bagi Kaum Wanita

Penyakit menular seksual atau lebih akrab dikenal PMS adalah infeksi yang ditularkan melalui hubungan intim. …