cold 2557518 640

Mitos Mitos Kesehatan Wanita Yang Terpatahkan

Tak jarang kita menemui banyak wanita yang sering di hantui dengan mitos mitos yang sering di dengar, yang membuat wanita menjadi serba salah harus percaya atau tidak, karena pada dasarnya para wanita juga takut  untuk  mendapatkan  akibatnya.  Sebenarnya  hal  tersebut  tidak  perlu  di  takutkan,  selama belum ada penelitian kesehatan yang membuktikan kebenarannya. Mitos mitos apa sajakah yang sering di temui, berikut ini adalah ulasannya.

 

yoga 3053488 640 1

Penggunaan bra berkawat mengakibatkan kanker payudara

Mitos pertama yang menjadi ketakutan wanita adalah menggunakan bra berkawat yang dapat beresiko penyakit kanker payudara. Para ilmuwan pernah melakukan penelitian tentang mitos yang satu ini tetapi tidak  menemukan  bukti  bahwa  bra  berkawat  menyebabkan  kanker  payudara.  Banyak  orang  percaya bahwa  saat  menggunakan  bra  berkawat  akan  membatasi  gerakan  cairan  tubuh atau  drainase  limfatik yang jika terlalu lama akan berubah menjadi racun.

Cairan tubuh bergerak ke atas dan menuju ke ketiak, dan  tidak  mempengaruhi  cairan  tubuh  terbatas  pergerakannya  atau menyebabkan  kerusakkan  internal apa pun.Resiko kanker payudara berhubungan dengan hormon, usia, usia pertama memiliki anak, menyusui dan riwayat  keluarga.  Sebaiknya  konsultasi  dengan  dokter  untuk  mendapatkan  keterangan  lebih  lanjut tentang kanker payudara.

Wanita  dapat  melakukan  pengecekan  mandiri  secara  rutin  satu  bulan  sekalidi  rumah, dengan  cara melakukan  secara  visual  dan  secara  fisik.  Rabalah  secara  lembut  bagian  payudara  dari  bagian  luar  ke tengah,  hingga ke bawah ketiak dan rasakan jika merasakan ada benjolan, simpul atau perubahan. Dan secara  visual,  perhatikan  jika  terjadi  pembengkakan,  kerutan,  cekungan  atau  perubahan  pada  kontur payudara. Segera konsultasi ke dokter jika menemukan perubahan yang tidak lazim.

 

young woman 2699780 640 1

Tidak akan hamil jika berhubungan saat menstruasi

Berhubungan  pada  saat  menstruasi  bukan  berarti  sang  wanita  tidak  akan  hamil.  Siklus  menstruasi wanita  adalah  28  hari,  yang  di  mulai  pada  hari  pertama  menstruasi  di  mulaidan  ovulasi  atau  saat ovarium melepaskan sel telur untuk di buahi dapat terjadi sekitar 14 hari. Hari   ovulasi   sangat   beragam,   dan   tergantung   pada   masing   masing   wanita   seperti,   Anda   dapat mengalami ovulsi di  hari ke  12  dalam  siklus  28  hari, atau pada  hari ke  21  di siklus  35  hari.

Sperma bisa bertahan  hidup  di  dalam  tubuh hingga 72  jam,  artinya  berhubungan dalam  jangka  waktu ini dapat  saja sel telur wanita dapat di buahi. Peluang  memang  sangat  kecil,  tetapi  kemungkinan  dapat  terjadi  kehamilan  saat  berhubungan  dalamkeadaan menstruasi. Terapkan hubungan seks yang aman.

[irp]

 

woman 3290450 640

Hanya gadis remaja yang harus di vaksin HPV

Banyak  wanita  yang  menganggap  bahwa  vaksi  HPV  hanya  di  haruskan  untuk  para  remaja,  tetapi  hal tersebut  salah karena  virus  HPV  dapat  menyerang  siapa saja  dan di  usia  berapa pun. Dengan  vaksin  ini akan mengurangi resiko terkena kanker serviks sebesar 70-80%.

 

allergy 1738191 640

Mual di pagi hari yang hanya terjadi di pagi hari saja

Morning  sickness  biasanya  akan  di  alami  oleh  wanita  yang  sedang  hamil  selama  beberapa  bulan pertama, sang Bunda akan merasakan mual bahkan hingga muntah. Tetapi bukan berarti sesuai dengan namanya morning sickness terjadi hanya di pagi hari, karena keadaan seperti ini dapat tejadi kapan saja sepanjang hari. Keadaan  seperti  ini  tidak  lantas  di  alami  olehsemua  wanita  yang  sedang  hamil,  dokter  pun  belum mendapatkan alasan mengapa keadaan seperti ini bisa di alami dan sebagian lagi tidak.

Faktor penyebab terjadinya   morning   sickness   adalah   peningkatan   kadar   hormon   dalam   beberapa   minggu   masa kehamilan. Dan ada beberapa faktor penyebab lainnya yang memperparah keadaan seperti ini yaitu,

Rasa lelah berlebihan

Stress

Sering melakukan perjalanan

Hamil anak kembar dua atau kembar tiga

Belum  ada  yang  mengetahui  alasan  terjadinya  morning  sickness  pada  wanita  hamil,  yang  banyak  di ketahui  adalah  bahwa  keadaan  seperti  ini  hanya  terjadi  di  pagi  hari.  Tetapi  jangan  khawatir  karena keadaan  ini  tidak  akan  berpengaruh  terhadap  kesehatan  janin.  Jika  mengalaminya  maka  perbanyaklah minum air, konsumsi makanan pada porsi yang kecil, dan tidurlah di saat sedang mengantuk.

 

slimming 4370008 640

Gemuk jika mengkonsumsi lemak

Untuk  wanita  yang  ingin  menurunkan  atau  menjaga  kesehatan  tubuh,  mereka  akan  mencari  makanan yang   serba   rendah   lemak.   Makanan   rendah   lemak   sering   kali   disarankan   karena   mengkonsumsi makanan berlemak berlebihan tidak baik untuk kesehatan, padahal justru sebaliknya.

Lemak di butuhkan untuk dapat bertahan hidup, lemak adalah sumber energi, penghangat tubuh, serta menyerap  vitamin  adalah   fungsi  dari  lemak.  Lemak   sehat  seperti  lemak  tak  jenuh tunggal  yang terkandung  di  dalam  kacang  kacangan  dan  minyak  sayur  yang  mampu  mengontrol  kolesterol  dalam darah  dan  menurunkan  resiko  terkena  penyakit  jantung.

Sumber  lemak  sehat  juga  bisa  Anda  dapatkan pada alpukat, ikan kod, salmon, tuna, telur, kacang kacangan dan biji bijian. Hindari  makanan  yang  mengandung  lemak  trans  atau  lemak  jenuh  yang  tinggi  seperti  donat,  pastri, kukis,  keju  reguler,  daging  berlemak,  kulit  unggas  dan  daging  olahan  terutam  bagi  Anda  yang  doyan ngemil.

 

river 3528344 640

Air dingin merusak kesehatan

Tentu  tak  asing  lagi  bahwa  ada  larangan  minum  air  dingin  di  siang  hari  karena  dapat  mengiritasi lambung  dan  mengganggu  pencernaan,  yang  sering  sekali  kita  dengar  dari  orang  tua.  Penelitian  ilmiah telah mematahkan mitos tersebut dengan hasil yang di dapat yaitu dengan meminum air dingin di siang hari yang panas atau setelah berolahraga dapat membantu tubuh untuk tetap terhedehidrasi.

Selain itu, minuman isotonik juga dapat membantu mengembalikan garam penting yang keluar melalui keringat.Tetapi  untuk  minuman  sehat  tetaplah  konsumsi  air  putihdalam  keadaan  panas  atau  dingin,  daripada minum air yang mengandung gula.

 

disease 4392163 640

Penyakit jantung hanya di alami oleh pria

Kebanyakan orang percaya bahwa jantung adalah penyakit laki laki, sama halnya kanker payudara yanghanya  di  alami  oleh  wanita  saja,  tetapi  penyakit  kodivaskular  adalah  penyebab  utama  kematian  dan disabilitas  wanita.  Kebanyakan  wanita  di  usia  45 –64  akan  menunjukkan gejala  sebagian  penyakit kodivaskular. Tetapi penyakit jantung juga dapat di cegah dengan cara berikut,

Olahraga teratur

Tidak merokok

Menjaga berat badan

Mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang

Menerapkan pola hidup sehat

Gejala  penyakit  jantung  ditandai  dengan  dada  yang  terasa  sesak  atau  berat  pada  dinding  dada,  rahang tidak nyaman, sesak napas, palpitasi jantung, mudah lelah dan pening saat beraktivitas. Pada umumnya pertama   kali  wanita   yang   di   diagnosisi   mengalami   penyakit   jantung   berusia   10   tahun   lebih   tua dibandingkan dengan laki laki. Saat wanita telah mengalami monopause juga akan meningkatkan resiko penyakit  jantung.  Berapa  pun  usia  Anda,  belajarlah  untuk  mengenali  penyakit  jantung  dan  jangan mengabaikan gejalanya.

 

fat 3083968 640

Wanita tidak akan mengalami batu ginjal

Penyakit  ini lebih  banyak di  alami oleh kaum  laki laki  3  kali lebih  banyak di bandingkan  dengan  wanita, wanita tetap bisa terkena penyakit batu ginjal dan sangat menyakitkan untuk bisa mengeluarkannya dari sistem tubuh. Batu ginjal merupakan material terkalsifikasi yang terbentuk di dalam ginjal dan bergerak menuju saluran kemih.

Untuk  laki  laki  pengalaman  mengalami  penyakit  ini  di  usia  40  tahun  ke  atas,  sedangkan  wanita akan mengalaminya di usia yang lebih tua lagi sekitar usia 50 ke atas. Tetapi bukan berarti wanita tidak akan terkena  batu  ginjal  di  usia  sebelum  usia  50  tahun,  terkadang  batu  ginjal  sudah  di  alami  oleh  wanita  di usia 30 tahun.

Cara untuk bisa mencegah terkena batu ginjal adalah konsumsi air putih sebanyak banyaknya, diet juga bisa menjadi faktor penyebab batu ginjal karena banyak makanan diet yang dapat meningkatkan resiko batu ginjal, atau dapat mengalami gejala seperti sakit punggung, nyeri saat buang air kecil, dan terdapat darah dalam air seni.

 

Itulah  beberapa  mitos  yang  sering  beredar  di  tengah  tengah  para  wanita  yang  membuat  para  wanita ketakutan, tetapi telah mampu terpatahkan dari hasil penelitian dari dokter. Kita tidak bisasepenuhnya percaya  dengan  mitos  mitos  kesehatan  tanpa  adanya  penelitian  yang  di  lakukan,  konsultasi  ke  dokter untuk  mendapat  penjelasan  yang  lebih  akurat.

Jika  menemukan  gejala  gejala  yang tidak  wajar  atau mungkin  merasakan  sakit,  segeralah  konsultasi  ke  dokter  untuk  dapat  di  tangani  dengan  baik.  Sekian informasi kesehatan dari kami, semoga sehat selalu.

Check Also

young 3507784 640

Pentingnya Pendidikan Di Miliki Oleh Seorang Wanita

Saat ini wanita menjadi pesaing berat di dunia kerja, karena wanita juga mampu meningkatkan kualitas …