Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Hanya Dengan Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Jerawat Batu dan Jerawat Pasir Secara Alami Dalam 1 Hari

Mungkin karena sudah putus asa atau karena keperluan mendesak sampai anda mencari artikel yang membahas Bagaimana cara menghilangkan jerawat batu secara alami dalam 1 hari. Untungnya artikel ini memang memberikan konten atasi jerawat batu dalam satu hari hanya dengan cara alami.

Jika sudah berjerawat batu akan sangat mengganggu sekali karena wajah tidak lagi mulus dan terlihat dekil. Percaya diri kita akan sangat menurun dan bergaul menjadi tidak nyaman. Namun untungnya kita mendapatkan solusi untuk menyelesaikan masalah ini.

Inilah cara menghilangkan jerawat batu dengan alami

Kita akan menggunakan bahan alami untuk menghilangkan jerawat batu dalam satu hari berikut detilnya :

Next Prev

kentang cara menghilangkan jerawat batu secara alami dalam 1 hari

Kentang

Ya kita akan atasi masalah jerawat ini dengan menggunakan kentang. Kandungan mineral yang sangat lengkap dari buah kentang dapat menjadikan kulit terlihat lebih muda dan segar. Artinya bawah kulit anda akan terlihat lebih kencang dan kenyal.

Vitamin C akan memberikan daya tahan tubuh termasuk terhadap masalah jerawat namun juga dapat membantu proses penyembuhan pada sel-sel setelah terjadi peradangan pada jerawat batu dan noda hitam bekas jerawat. Dengan kentang kita bisa membuat masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat.

Cara menggunakan kentang untuk menghilangkan jerawat batu adalah:

  • beberapa buah kentang yang telah dikupas dan dibersihkan
  • buah kentang tersebut diiris tipis-tipis lalu tempelkan pada wajah secara menyeluruh
  • atau anda bisa menghaluskan buah kentang tersebut dengan blender
  • oleskan pada wajah secara merata untuk digunakan sebagai masker
  • diamkan selama 45 menit hingga 60 menit
  • setelah selesai bilas dengan air bersih

tomat masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat

Tomat

Buah yang sangat multifungsi ini selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh ternyata juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Vitamin E dari buah tomat amat tinggi yang memiliki khasiat untuk penyegaran kulit sehingga terlihat lebih awet muda.

Proses regenarasi sel pun sangat terbantu dengan vitamin E dari buah tomat ini. Maka dari itu buah tomat dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat batu yang bandel.

Berikut cara menggunakannya :

  • siapkan buah tomat yang telah dibersihkan
  • buah tomat tersebut dibelah menjadi dua
  • pada sisi dalam buah tomat di oleskan pada pipi bagian kiri
  • sisa belahan buah tomat lainnya dioleskan pada pipi bagian kanan
  • diamkan selama 15 hingga 30 menit
  • lalu bilas dengan air bersih

jeruk nipis cara menghilangkan jerawat dengan alami

Jeruk Nipis

Jeruk nipis bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat dengan alami. Kaya akan nutrisi jeruk nipis seringkali digunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan tubuh. Selain itu bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori kulit. Sel-sel kulit yang mati pada wajah dapat terangkat karena khasiat dari kandungan jeruk nipis termasuk mengatasi jerawat batu di wajah.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi jerawat batu:

  • satu buah jeruk nipis yang telah dibersihkan
  • peras sari jeruk nipis
  • cairan tersebut dioleskan pada wajah yang berjerawat batu
  • diamkan selama beberapa menit biasanya hingga 30 menit
  • lalu bilas dengan air dingin
  • pastikan wajah anda tidak memiliki luka karena akan menimbulkan efek perih

bawang putih Inilah cara menghilangkan jerawat dengan alami

Bawang Putih

Selain digunakan untuk bumbu dapur ternyata bawang putih juga sangat manjur untuk perawatan kecantikan yaitu mengatasi masalah jerawat batu. Jerawat batu dapat hilang dalam 1 hari dengan menggunakan bawang putih. Kandungan antibakteri dari bawang putih dapat bermanfaat mengatasi peradangan akibat jerawat atau pun jerawat batu itu sendiri. Kulit juga menjadi lebih halus dan licin karena kandungan allicin dari bawang putih.

Cara menggunakan bawang putih untuk jerawat batu :

  • bawang putih dihaluskan
  • oleskan pada jerawat batu
  • diamkan beberapa menit lamanya
  • setelah itu bilas dengan air bersih
  • anda bisa campurkan bawang putih yang telah dihaluskan dengan menggunakan cuka sari apel untuk hasil yang lebih baik

mengkudu Inilah cara menghilangkan jerawat dengan alami

Mengkudu

Buah mengkudu juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi jerawat batu. Peredaran darah dalam tubuh kita pun menjadi lancar karena kandungan kalium yang tinggi pada mengkudu. Vitamin A,C, dan juga vitamin E berhasiat untuk mengatasi jerawat batu maupun bekas jerawat.

cara memanfaatkan mengkudu:

  • buah mengkudu yang sudah matang dan sudah dibersihkan
  • buah tersebut dihaluskan
  • saring buah mengkudu tersebut untuk dapatkan sarinya
  • lalu didihkan dan setelah itu dibiarkan hingga hangat
  • minum jus mengkudu ini 3 kali sehari untuk hasil yang lebih baik

Next Prev

 

Cara Hilangkan Jerawat Pasir

 

Banyak cara hilangkan jerawat pasir. Banyak istilah yang digunakan untuk menyebut berbagai macam jerawat seperti jerawat batu, jerawat nasi dan lain lain. Solusi dari setiap jenis jerawat tersebut tidak terlalu berbeda secara signifikan bahkan perawatan untuk jerawat meradang pun tidak terlalu rumit.

Namun intinya jika bicara tentang jerawat, maka terkait dengan kelenjar minyak pada kulit.Kelenjar minyak berada di bawah kulit yang terhubung dengan pori-pori kulit. Pori-pori kulit yang berhubungan langsung dengan folikel dimana sel-sel kulit dikeluarkan melalui folikel ke permukaan kulit.

Jerawat memang tidak mengancam kesehatan secara langsung namun dapat melukai kepercayaan diri seseorang. Jika jerawat sudah muncul, percaya diri hilang, enggan untuk beraktivitas.

Kadang jerawat sangat bandel dan susah sekali hilang dari wajah. Jika tangan sudah terasa gatal ingin sekali rasanya memencet jerawat tersebut. Namun jika anda lakukan ini maka jerawat semakin parah karena terinfeksi bakteri baru.

Ada banyak hal yang menyebabkan jerawat muncul. Ada yang berasal dari faktor di luar tubuh kita dan ada juga faktor yang menyebabkan jerawat muncul dari dalam tubuh kita, seperti pola makan yang tidak baik.

Sebelum membahas cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami. Ada baiknya perlu tahu hal apa saja yang menyebabkan jerawat muncul. Berikut beberapa hal yang menyebabkan terjadinya jerawat :

  1. Ketidakseimbangan Hormon

Jerawat seringkali terjadi pada mereka yang mengalami perubahan hormon. Perubahan hormon tidak terjadi pada mereka yang mengalami pubertas saja, ada yang usia remaja namun juga terjadi pada mereka-mereka yang sudah dewasa. Contoh orang dewasa yang terkena perubahan hormon adalah kaum wanita yang sedang datang bulan. Biasanya mereka akan mengalami jerawat pada wajah.

  1. Mencuci Wajah Terlalu Sering

Seringkali kita berasumsi bahwa semakin sering mencuci wajah maka semakin mudah kita terhindar dari jerawat karena wajah yang bersih kinclong. Namun perlu anda tahu, saat kita mencuci wajah berarti kita membuang minyak yang ada di wajah dan pada saat itu justru merangsang kulit untuk memproduksi minyak lebih banyak lagi yang pada akhirnya dapat menyebabkan terjadinya jerawat.

Oleh karena itu sebaiknya kita mencuci wajah tidak lebih dari 2 kali dalam sehari, dengan menggunakan sabun khusus pencuci muka.

  1. Menggunakan Make Up Yang Berlebihan

Make up yang berlebihan akan mengurangi daya nafas dari kulit wajah kita, apalagi bila tidak di ikuti dengan perawatan kulit wajah. Kita harus rajin mencuci wajah begitu kita selesai menggunakan make up. Perhatikan juga bahwa bahan yang digunakan oleh make up cocok untuk jenis kulit anda, tidak akan memicu jerawat. Dengan hati-hati dalam menggunakan make up bisa menjadi salah satu cara menghilangkan jerawat di jidat.

  1. Handphone Yang Kotor

Sadarkah anda bahwa handphone anda menjadi sumber banyak bakteri yang menempel di hp dan anda tempelkan di wajah saat menerima telepon?

Mungkin anda ke toilet, mungkin anda bersihkan hidung atau telinga, atau mungkin anda sedang memegang barang lain yang kotor dan tanpa sadar anda memegang hp untuk menjawab telepon masuk.

Hal ini tentu saja bisa menjadi salah satu penyebab wajah anda berjerawat karena banyaknya bakteri yang anda kirim sendiri ke wajah.

  1. Pola Makan Tidak Sehat

Makanan yang mengandung lemak yang sangat tinggi ataupun makanan-makanan yang instant dapat menjadi penyebab munculnya jerawat karena produksi sebum yang berlebihan di kulit. Salah satu cara menghilangkan jerawat punggung adalah dengan mengatur pola makan yang sehat. Kita mesti mengontrol makanan-makanan yang berlemak. Dengan menjaga kebersihan tubuh dan wajah serta pola makan yang baik dan sehat dapat mencegah munculnya jerawat di punggung.

Cara Menghilangkan Jerawat Yang Membandel Secara Alami

Dengan kita mengetahui hal-hal apa saja yang memancing munculnya jerawat maka kita akan lebih mudah cara menyelesaikan masalah jerawat tersebut. Ada solusi dengan menggunakan obat-obatan sebagai cara menghilangkan jerawat nasi dan ada pula dengan cara bahan-bahan alami yang di sekitar kita sebagai cara menghilangkan jerawat meradang dan juga bekas jerawat.

Dengan bahan-bahan kimia atau resep dokter biasanya dibutuhkan biaya yang jauh lebih besar bila dibanding dengan kita menggunakan cara alami. Dengan risiko biaya yang besar mengapa tidak kita coba terlebih dahulu cara yang mudah murah dan alami.

Menggunakan masker adalah salah satu cara mudah murah dan alami dalam menyelesaikan masalah jerawat. Namun produk masker ini pun ada yang alami ada juga yang mengandung bahan-bahan kimia produk-produk kosmetik buatan pabrik. Sebaiknya kita mencoba dari bahan alami karena kita mengetahui sendiri bersih atau tidak dan biaya pembuatan yang lebih murah.

Next Prev

1.Membuat Masker Wajah Dengan Soda Kue Dan Air

Cara menghilangkan jerawat punggung baking soda

Soda kue tidak saja untuk bahan membuat kue namun juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan diubah menjadi masker. Masker dari soda kue ini dapat mengatasi banyak jenis jerawat baik itu jerawat biasa ataupun jerawat batu dengan cara yang aman dan alami. Sifat dari masker ini bisa sebagai penyeimbang ph dan juga bersifat sebagai antiseptik yang dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Selain itu juga dapat mencegah pembengkakan jerawat atau peradangan yang disebut inflamasi.

Cara mengolah soda kue dan air untuk membuat masker:

  • 2 sendok makan soda kue ditambah sedikit air
  • Aduk rata hingga terbentuk pasta
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 15 hingga 20 menit
  • Bilas dengan air hangat
  • Setelah itu gunakan pelembab wajah jika perlu

2.Membuat Masker Dengan Alpukat Dan Madu

avocado Cara hilangkan jerawat batu

Alpukat dan madu bisa menjadi kombinasi yang sangat manjur untuk mencegah dan mengobati jerawat. Vitamin e dari buah alpukat dapat mencegah peradangan dan membantu regenarasi sel, sedangkan madu mengandung peroksida yang bisa berperan sebagai anti bakteri yang menyebabkan jerawat.

  • Membuat masker dari alpukat dan madu:
  • Setengah bagian alpukat dihaluskan
  • Tambahkan 1 sendok makan madu murni
  • Aduk rata
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 15 hingga 20 menit
  • Bilas dengan air hangat dan bersih

3.Membuat Masker Jerawat Dengan Yogurt Dan Madu

yogurt Cara menghilangkan jerawat nasi

Kandungan yogurt terdiri dari asam hidroksi alfa dan asam laktat yang berfungsi untuk menyingkirkan sel-sel kulit yang menyumbat pori-pori di wajah. Jika pori-pori ini tersumbat akan menjadi cikal bakal munculnya jerawat.

Cara membuat masker:

  • 2 sendok makan yogurt tanpa rasa
  • Tambahkan 1 sendok makan madu
  • Aduk hingga rata
  • Lulur kan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 15 hingga 20 menit
  • Bilas dengan air hangat

4.Menggunakan Masker Lemon Untuk Jerawat

lemon untuk jerawat hitam

Pori-pori tersumbat dan masalah peradangan pada kulit wajah dapat diatasi dengan masker lemon karena mengandung asam askorbat-l. Selain itu jeruk lemon dapat membuat wajah anda lebih cerah dan juga menyamarkan noda hitam bekas jerawat.

Cara membuat masker lemon:

  • 1 buah lemon yang telah dibersihkan dibelah menjadi dua bagian
  • Peras buah lemon dicampur dengan 1 sendok makan madu
  • Aduk hingga rata
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 15 hingga 20 menit
  • Bilas dengan air hangat

5.Membuat Masker Pisang Dan Kunyit

pisang Cara menghilangkan jerawat di jidat

Dengan masker ini kulit wajah menjadi lebih cerah dan lembab karena kandungan antioksidan, potassium,vitamin e, dan juga lektin. Kandungan lektin dapat berperan sebagai anti bakteri yang dapat melawan bakteri bakteri penyebab munculnya jerawat. Sementara itu kandungan dari kunyit yaitu curcuminoid dapat menenangkan kulit wajah sehat sebagai antiradang.

Cara membuat masker pisang dan kunyit:

  • 1 buah pisang dihaluskan
  • Tambahkan setengah sendok makan bubuk kunyit
  • Tambahkan setengah sendok makan soda kue
  • Aduk hingga rata
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 15 hingga 20 menit
  • Lalu bilas wajah dengan air hangat
  • Sebagai penutup bisa menggunakan pelembab jika wajah terasa kering

6.Masker Bawang Putih

bawang putih untuk jerawat punggung

Kesehatan kulit wajah dapat terjaga sangat baik dengan memanfaatkan bawang putih, karena bawang putih dapat berperan sebagai antioksidan, anti jamur, antiseptik, antivirus sehingga dapat melawan segala sesuatu yang sifatnya mengganggu kesehatan kulit. Bawang putih juga dapat berperan sebagai antibakteri karena kandungan sulfur sehingga jerawat yang membandel lebih mudah dibasmi

Cara membuat masker bawang putih:

  • Siapkan bawang putih 1 siung
  • Haluskan bawang putih
  • Tambahkan sedikit air
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air hangat

7.Masker Tomat Untuk Jerawat

tomat sebagai masker untuk hilangkan jerawat

Vitamin a dan vitamin c adalah kandungan utama dari tomat mampu untuk mengatasi jerawat yang membandel.

Cara membuat masker tomat:

  • 1 buah tomat dihaluskan
  • Tambahkan sedikit air
  • Aduk rata
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 15 hingga 20 menit
  • Bilas dengan air hangat

8.Membuat Masker Wajah Dengan Lidah Buaya

aloe vera Cara hilangkan jerawat pasir

Polifenol adalah kandungan utama dari lidah buaya. Karena khasiatnya yang sangat ampuh untuk perawatan kulit seringkali lidah buaya menjadi bahan dasar produk-produk kosmetik buatan pabrik. Senyawa polifenol dapat membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Cara membuatnya:

  • Lidah buaya yang telah dibelah untuk diambil bagian dagingnya
  • Haluskan hingga terbentuk jel
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 15 hingga 20 menit
  • Bilas dengan air hangat

9.Membuat Masker Mentimun Untuk Wajah

mentimun untuk jerawat nasi

Kandungan vitamin a, vitamin b dan vitamin c sangat banyak didapatkan dari buah mentimun. Selain itu kandungan mineral pun banyak dikandung pada buah mentimun seperti magnesium, kalium, silika, dan juga mangan. Sifat buah mentimun adalah diuretik, memberikan efek dingin dan juga bisa menjadi pembersih wajah.

Cara menggunakan masker mentimun:

  • Mentimun yang telah dicuci diiris tipis-tipis
  • Letakkan irisan mentimun pada wajah secara merata
  • Diamkan beberapa saat
  • Bilas dengan air bersih
  • Atau anda bisa membuat jus mentimun lalu dioleskan pada wajah

10.Masker Kulit Jeruk

kulit jeruk solusi flek hitam

Buah jeruk bermanfaat untuk perawatan kulit wajah namun siapa sangka bahwa kulit jeruk juga bisa dijadikan masker menghilangkan jerawat. Kandungan flavonoid, vitamin a, dan vitamin c serta antioksidan dapat membantu menghilangkan jerawat, menyamarkan noda bekas jerawat dan juga mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara membuat masker kulit jeruk

  • Siapkan kulit jeruk secukupnya dijemur hingga kering
  • Tumbuk halus kulit jeruk tersebut
  • Tambahkan sedikit air
  • Aduk rata
  • Aplikasikan pada wajah
  • Diamkan selama 15 menit atau 20 menit
  • Bilas dengan air hangat

11.Masker Putih Telur

putih telur hilangkan flek hitam

Putih telur dapat membunuh bakteri bakteri penyebab jerawat, selain itu juga bisa bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori sehingga dapat mengurangi minyak berlebih yang dapat menyebabkan jerawat.

Cara membuat masker putih telur

  • Pisahkan kuning telur dan putih telur
  • Putih telur yang telah dipisahkan tambahkan sedikit jeruk nipis
  • Aduk rata hingga mengembang
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 15 hingga 20 menit
  • Bilas dengan air hangat

12.Masker Pepaya

pepaya untuk jerawat dan kulit kusam

Sel-sel kulit dapat teratasi dengan enzim papain yang didapat dalam buah pepaya. Selain itu sifat antioksidan juga dapat mencerahkan kulit wajah dan mengatasi peradangan akibat jerawat.

Cara membuat masker pepaya:

  • Pepaya yang telah dibersihkan potong hingga kecil-kecil
  • Haluskan hingga menjadi adonan
  • Tambahkan 1 sendok makan madu
  • Bisa juga tambahkan 1 sendok makan perasan lemon
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan hingga 20 menit
  • Lalu bilas dengan air hangat

13.Masker Daun Pepaya

Selain buah pepaya yang bisa kita manfaatkan untuk masker wajah, kita juga dapat memanfaatkan daun pepaya untuk menjadi masker. Senyawa yang didapat pada kandungan daun pepaya bisa mengatasi mikroorganisme yang menyebabkan jerawat.

Cara membuat masker daun pepaya:

  • 4 lembar daun dijemur hingga mengering
  • Setelah kering dihaluskan dengan cara ditumbuk hingga halus
  • Tambahkan sedikit air aduk hingga terbentuk pasta
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 15 hingga 20 menit
  • Bilas dengan air bersih

14.Masker Cuka Apel

cuka Cara menghilangkan jerawat meradang

Kandungan apel banyak akan vitamin dan juga mineral serta asam asetat dan sifatnya antimikroba.

Cara mengolah masker cuka apel:

  • Cuka apel di tempat yang telah dibersihkan
  • Basahkan kapas pada cuka apel tersebut
  • Oleskan pada wajah secara merata
  • Diamkan selama 15 hingga 20 menit
  • Bilas dengan air bersih

15.Menyingkirkan Jerawat Dengan Es Batu

es batu solusi hilangkan jerawat pasir

Sifat es dapat mendinginkan atau menekan peradangan. Sebagaimana dapat digunakan untuk luka lebam, es batu juga bisa digunakan untuk jerawat.

  • Ambil es batu secukupnya
  • Bungkus dengan kain bersih
  • Bungkusan yang terdiri dari es batu tersebut di tekan-tekan di kulit yang berjerawat

Next Prev

Itulah beberapa tips cara merawat kulit wajah agar terhindar dari jerawat dan cara mengatasi jerawat yang muncul di wajah anda. Cara yang dijabarkan cukup mudah, tidak repot dan juga ramah kantong. Selamat mencoba. Semoga berhasil.

Dengan bahan alami dapur, ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk hilangkan komedo dan telah diulas di artikel berikut.

Jika artikel ini bermanfaat silakan share artikel ini kepada rekan-rekan anda.

Check Also

7 lokasi wisata yang ramah dan aman bagi wanita

7 Lokasi Wisata Yang Ramah dan Aman Untuk Wanita

Banyak kasus kejahatan dan kriminal yang menjadikan wanita sebagai korban pada saat traveling, di Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *