anak pandai

Mendidik Anak Balita Yang Baik Dan Benar

Balita adalah masa masa krisis untuk mengeanali sekitarnya, seperti mengenali tindakan apa yang harus di ambil atau cara menghadapi atau respon pada sekitarnya. Balita adalah usia yang paling membahagiakan orang tua. Pada usia balita, balita sering kali melakukan sikap-sikap yang membuat orang tua gemas yang akhirnya orang yang melihatnya akan memanjakannya. Sikap memanjakan ini membuat balita saat besar kelak  justru akan membuatnya menjadi tidak mandiri.

Tak mudah untuk bisa mendidik anak balita karena, balita mudah meniru dan juga masih belum bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Balita juga akan lebih memilih untuk melakukan hal mana yang mereka sukai, ikan yang menjadi aturan boleh atau tidak boleh, benar atau salah. Berikut ini adalah cara tepat untuk bisa mendidik anak balita.

anak bermain

Baca Cerita

Menurut Dr. Rosemary Truglio yang juga merupakan seorang pakar pendidikan mengatakan bahwa membaca akan menyukai buku, menambah perbendaharaan kata dan kemampuannya dalam berbahasa serta dapat mengembangkan keterampilannya dalam berbahasa.

Untuk bisa membacakan cerita bagi anak tidak dibatasi oleh usia, karena kini telah banyak buku yang tampil dengan warna dan gambar yang menarik untuk di bacakan pada anak, dan sebisa mungkin saat membacakan cerita gunakanlah intonasi dan ekspresi seolah-olah kita adalah tokoh di dalam cerita. Ini akan mempermudah balita untuk bisa belajar menggunakan imajinasi dan banyak hal dibandingkan menggunakan aturan pepatah atau apapun yang dapat menguras otak mereka.

Kurangi Menonton Televisi

Tidak membatasi anak untuk menonton TV adalah salah, karena banyak menonton TV akan membuat anak menjadi malas bergerak. Pengaruh acara televisi juga ada yang negatif yang tentu saja akan mudah dicerna oleh anak. Sebaiknya berilah jadwal kepada anak untuk bisa menonton TV sehari 2 jam saja, menurut para ahli psikologi anak. Televisi memiliki pengaruh buruk kepada anak bahkan orang dewasa jika kita tidak bisa mencerna dengan baik.

Ajarkan untuk Mandiri

Menjadi anak manja adalah hal yang tidak akan menyulitkan anak, mereka menjadi tidak manis dan gurih gantung kepada kita dan lebih parahnya lagi adalah seorang anak tidak akan bisa hidup baik tanpa adanya kehadiran Bunda. Ajakan kemandirian sejak dini. Tak sedikit orang tua yang mengatakan bahwa anak balita boleh dimanjakan tetapi manja dan kasih sayang ada dua hal yang berbeda yaitu sifat manja adalah dimana Bunda selalu memenuhi apa yang diinginkannya sedangkan kasih sayang adalah suatu hal yang sangat penting untuk kebaikan anak-anak.

anak sehat

Konsisten

Tidak perlu khawatir jika melihat anak membaca satu halaman di buku yang sama ataupun menyakitkan dalam yang tidak pernah ganti. Hal seperti itu adalah suatu bagian yang penting karena anak dapat mengenal proses informasi. Jika melakukan pengulangan berarti Bunda konsisten dengan apa yang sudah anda lakukan dan ajakan kepada anak dan perlu diingat jika k-link maka anak akan ragu dan akhirnya akan keluar dari jalur yang Bunda ajarkan kepada anak.

[irp]

Ikut Bermain

Jika benda titik bermassa dua hati maka bicara dapat mengajarkan cara bermain yang akan berpengaruh pada proses belajar anak. Perkembangan yang semakin meningkat, dapat mengenali kemampuannya, bakatnya, minatnya serta kebutuhan emosionalnya akan membuat potensi sosialnya semakin berkembang menurut dokter Jean ashton.

Menjadi Sahabat

Terkadang anak balita memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar dengan mengajukan pertanyaan yang tidak boleh atau belum waktunya untuk di ketahui. Jangan tunjukkan sikap menggurui pada anak, tetapi bersikaplah selayaknya sebagai seorang sahabat. Sebisa mungkin perlakukan sang buah hati menjadi seorang teman dimana dia akan merasa nyaman untuk bercerita tentang masalahnya dan berikan solusi atas masalahnya.

anak termenung

Menjaga Kesehatan Sang Buah Hati

Adanya korelasi antara kesehatan dengan prestasi sang buah hati telah dibuktikan oleh para ilmuwan dari University of Illionis. Ajaklah anak untuk berolahraga, menjaga kebersihan serta mengkonsumsi makanan yang bergizi. Saat bunda mengajarkan anak untuk menjaga kesehatan maka secara tidak langsung Bunda mengajarkan anak untuk hidup lebih baik.

Terkadang berolahraga disepelekan yang akhirnya membuat anak menjadi malas untuk makan sayur, makanan siap saji yang dapat menjadi kebiasaan hingga sang anak menjadi dewasa yang akhirnya akan menimbulkan masalah bagi kesehatan.

Terapkan Kebiasaan Baik

Untuk yang satu ini wajib untuk diterapkan agar mnejadi lebih baik di kala dewasa kelak. Sebagai contoh kebiasaan sarapan pagi, karena menurut penelitian ilmiah mengatakan bahwa seorang anak yang terbiasa sarapan memiliki daya ingat yang jauh lebih baik dibandingkan mereka yang tidak sarapan. Dengan sarapan maka konsentrasi saat belajar dan berkegiatan akan terbantu. Jika perut dalam keadaan kenyang akan menghambat anak untuk malas, berbeda jika perut dalam keadaan lapar.

anak supel

Bijak dan Tegas

Untuk bisa bersikap tegas harus juga disertai dengan sikap bijak, maka untuk bisa bersikap tegas pada anak sampaikanlah dengan penuh kesabaran. Jangan pernah bosan untuk mengulangnya, dan hindari menggunakan kesabaran dan emosi yang justru akan membuat anak sakit hati.

Bangun Rasa Kepedulian

Keharmonisan di dalam keluarga akan menimbulkan rasa kenyamanan bagi anggota keluarga, tidak terkecuali anak yang secara tidak langsung akan menghambat masuknya pengaruh buruk dari luar. Anak tidak akan mencari tempat nyaman di luar yang di anggap paling nyaman, karena kenyamanan itu sudah di dapatkan di dalam rumahnya sendiri.

anak pintar

Perkuat Ajaran Agama

Pendidikan agama adalah hal yang wajib di terapkan sedari dini untuk bekal hidup kelak dewasa. Untuk pendidikan agama sudah bisa di kenalkan pada anak di usia balita dengan cara yang sederhana dulu, seperti membaca doa pendek, doa nakan dan lain lain.

Dekatkan anak dengan alam

Bermain di luar rumah juga dapat membantu untuk meningkatkan fungsi otak anak, termasuk sikap perhatian, dan daya konsentrasi serta kontrol implus dan memori anak. Alam akan menyegarkan otak anak sekaligus mengistirahatkan mental otot anak. Bawalah anak bermain dengan alam minimal 20 menit setiap harinya, anak akan menyatu dengan alam menikmati suasana sambil bermain. Alam menjadi unsur yang sangat penting untuk anak mensyukuri anugerah alam ciptaan Tuhan.

anak perempuan

Merangsang rasa ingin Tahu

Rasa ingin tahu adalah reaksi terbaik anak balita dalam belajar merespon sebuah persoalan. Sebagai orang tua, Bunda harus terus mendampingi sang anak untuk belajar dan memberikan keterampilan baru demi tumbuhnya minat serta ketertarikkan terhadap ilmu pengetahuan. Dengan cara ini, anak akan terjaga dan terlihat bidang yang diminatinya.

Atasi Stress

Jika anak mengalami stres maka, akan sangat mengganggu fungsi otak anak. University of Malaga, Spanyol pernah melakukan penelitian terhadap anak yang berusia 9 hingga 12 tahun yang menghasilkan bahwa anak yang mengalami stress akan mendapatkan hasil ujian yang akan menggunakan kecepatan memori dan perhatian yang lebih buruk dibandingkan dengan anak anak yang tidak mengalami stress.

anak tangkas

Ganti Larangan Dengan Hadiah

Hadiah pasti akan di senangi anak balita yang tentu saja akan lebih efektif dan mudah disampaikan. Kebanyakkan orang tua memberikan larangan yang justru akan membuat anak penasaran dan akhirnya akan meningkatkan kenakalannya.

Verbal dan Nonverbal

Bunda sebagai orang tua harus memberikan apresiasi serta menilai kegiatan yang mereka lakukan, apapun apresisasi sang anak. Lakukan kebiasaan berbincang sejak kecil agar anak tahu baik atau tidaknya apa yang mereka lakukan, dan sertakan alasannya.

Itulah beberapa penjelasan tentang mendidik anak yang baik dan benar menurut segi psikologi agar tumbuh kembang anak dapat seimbang baik fisik ataupun psikisnya.

Check Also

girl lying down 2042581 640

Waspada Penyakit Menular Seksual, Terutama Bagi Kaum Wanita

Penyakit menular seksual atau lebih akrab dikenal PMS adalah infeksi yang ditularkan melalui hubungan intim. …