Cara Masker Rambut Dengan Bahan Alami Ada Disini
Image by brittywing from Pixabay

Cara Meluruskan Rambut Keriting dan Bergelombang Permanen

Bagaimana cara meluruskan rambut keriting tanpa rebonding adalah bukan hal yang sulit. Bila kita mencari di internet sangat banyak ditemukan cara meluruskan rambut tanpa rebonding. Kita bisa meluruskan rambut keriting secara alami tanpa rebonding dan juga memberikan efek permanen tanpa harus bersusah payah pergi ke salon perawatan rambut. Dan metode ini sangat cocok untuk meluruskan rambut keriting pria.

Banyak orang yang memiliki rambut ikal ingin rambutnya lurus dan mudah diatur. Padahal jika kita percaya diri dan  kreatif rambut ikal pun tetap memiliki daya tarik tersendiri dan tampil unik berbeda dengan kebanyakan orang.

Banyak alasan orang melakukan berbagai cara meluruskan rambut keriting karena dengan rambut lurus mudah diatur atau mungkin karena tidak percaya diri dengan rambut ikalnya.

Memiliki rambut lurus bukan hanya impian bagi kaum wanita tetapi juga bagi kaum pria. Cara meluruskan rambut keriting pria tidak berbeda dengan cara meluruskan rambut wanita. Alasan yang paling utama memiliki rambut lurus adalah karena rambut lurus mudah diatur dan mudah dibentuk berbagai macam model gaya rambut.

Cara meluruskan rambut tanpa rebonding adalah solusi yang paling dicari bagi kaum pria yang memiliki rambut ikal, dikarenakan jika kaum pria menggunakan metode rebonding hal ini menjadi sangat janggal. Maka dari itu banyak kaum pria yang kehabisan ide cara agar rambut lurus seperti rebonding namun tanpa proses rebonding.

Bagi kaum wanita solusi meluruskan rambut tanpa rebonding akan memberikan lebih banyak pilihan bagi mereka untuk mendapatkan rambut impian. Dan kita akan bahas beberapa cara untuk meluruskan rambut tanpa rebonding.

Meski setiap orang diciptakan dengan bentuk rambut yang berbeda, tetap ada tren gaya rambut yang terus berganti seiring dengan perkembangan zaman. Sekarang tren rambut yang sedang banyak digemari adalah rambut lurus. Karena inilah, orang yang aslinya tidak berambut lurus jadi melakukan banyak cara meluruskan rambut bergelombang secara alami dan permanen. Ada yang melakukan cara meluruskan rambut secara alami dengan minyak zaitun ataupun lidah buaya, ada juga yang mengandalkan perawatan di salon rambut.

 

Cara Meluruskan Rambut Keriting Tanpa Rebonding Dan Alami Serta Permanen

Meluruskan rambut yang keriting bukanlah hal yang mustahil demikian juga jenis rambut yang ikal. Hanya dengan bahan alami dan bisa dilakukan dari rumah tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Meluruskan rambut keriting terdiri dari beberapa hal:

Next Prev
  1. Meluruskan Rambut Keriting Dengan Minyak Zaitun

minyak zaitun Cara meluruskan rambut keriting tanpa rebonding

Rambut keriting ataupun rambut ikal dapat dilukiskan dengan minyak zaitun dengan cara yang sangat mudah.

  • Dua sendok minyak zaitun
  • Usapkan pada rambut secara merata sambil disisir
  • Setelah selesai diucapkan tetap anda lakukan penyisiran rambut selama beberapa menit
  • Setelah itu diamkan selama 5 hingga 10 menit
  • Setelah selesai cuci rambut anda dengan air bersih
  1. Memanfaatkan Minyak Kelapa Untuk Meluruskan Rambut

minyak kelapa Cara meluruskan rambut keriting

Minyak kelapa mengandung beberapa zat yang baik untuk kesehatan kulit kepala dan rambut.

  • Siapkan 2 sendok makan minyak kelapa
  • Usapkan pada rambut secara perlahan dan merata sambil disisir
  • Setelah selesai diusapkan tetap disisir
  • Diamkan selama beberapa menit
  • Bilas dengan shampoo seperti biasa anda keramas
  1. Menggunakan Lidah Buaya Untuk Meluruskan Rambut

Cara agar rambut lurus seperti rebonding dengan lidah buaya

Sejak dulu lidah buaya memang dipercaya dapat memberikan manfaat yang sangat besar untuk perawatan kecantikan termasuk perawatan rambut. Lidah buaya dapat juga digunakan untuk meluruskan rambut keriting atau pun rambut ikal. Kandungan dari lidah buaya pun memberikan nutrisi yang baik untuk kulit kepala dan rambut itu sendiri.

  • Siapkan 1 batang lidah buaya yang telah dibersihkan
  • Ambil bagian dagingnya saja
  • Tambahkan sedikit air lalu diblender hingga halus
  • Usapkan adonan lidah buaya tersebut sebagai masker pada rambut secara merata
  • Sisir rambut anda beberapa saat lalu diamkan hingga 5 atau 10 menit
  • Setelah itu anda bisa keramas untuk membersihkan rambut
  1. Dengan Cuka Untuk Meluruskan Rambut

cuka Cara meluruskan rambut keriting pria

Cuka lebih efektif untuk rambut yang bergelombang. Meluruskan rambut dengan cuka pun sangat mudah.

  • Siapkan beberapa tetes cuka
  • Usapkan pada rambut secara merata
  • Sisirlah rambut anda selama beberapa saat
  • Diamkan 5 hingga 10 menit
  • Lalu bilas rambut anda sampai bersih
  1. Minyak Almond Yang Berhasiat Meluruskan Rambut

minyak almond Cara meluruskan rambut tanpa rebonding

Alternatif lain menggunakan bahan alami untuk meluruskan rambut adalah minyak almond. Selain kandungannya yang sangat bermanfaat untuk rambut, mengaplikasikannya pun sangat mudah.

Saat anda selesai keramas dan akan menggunakan conditioner, teteskan minyak almond terlebih dahulu ke dalam sedikit kondisioner yang akan anda gunakan, aduk rata, baru setelah itu anda aplikasikan pada rambut. Usapkan sambil dipijat-pijat perlahan selama beberapa saat.

Next Prev

Diartikel terpisah telah dibahas mengenai hal-hal yang menyebabkan rambut rontok.

 

Rambut lurus yang lembut dan mudah diatur menjadi idaman bagi setiap wanita. Rambut lurus juga menjadi ukuran sebuah kecantikan di era modern ini. Karenanya banyak wanita yang melakukan pelurusan rambut. Ada dua cara meluruskan rambut permanen, yaitu cara yang alami dan buatan. Meluruskan rambut secara alami mungkin hasilnya tidak akan terlihat cepat, namun proses tersebut aman. Sedangkan cara agar rambut lurus dengan proses kimia bisa memperlihatkan hasil cepat namun tetap ada efek bagi kesehatan rambut.

Meskipun tidak semua orang terlahir dengan rambut lurus, namun kini semua orang bisa memiliki rambut lurus yang tengah menjadi tren itu. Dengan kecanggihan teknologi, semua perawatan kecantikan termasuk meluruskan rambut bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Namun di sisi lain, tetap ada cara alami meluruskan rambut. Inilah perbedaan meluruskan rambut secara alami dan secara instan.

Meluruskan Rambut Secara Permanen Dan Alami

Apa Teknik dan Bahan yang Digunakan?

Untuk memiliki rambut yang lurus, sekarang sudah tersedia banyak jenis perawatan di salon dengan tarif yang bervariasi. Jenis perawatan yang paling populer adalah rebonding, yaitu membuat obat meresap pada kutikula rambut, untuk kemudian diubah struktur alami rambut sehingga menjadi lurus. Cara meluruskan rambut permanen ini menghasilkan rambut lurus namun sedikit kaku.

Cara meluruskan rambut permanen

Anda juga pasti sudah sering mendengar istilah smoothing. Smoothing adalah cara agar rambut lurus dengan menggunakan obat yang mengandung protein atau yang biasa disebut keratin. Keratin diaplikasikan sebelum menggunakan alat pelurus. Pada teknik ini, proses pelurusan rambut tidak mengubah struktur alami rambut namun hanya membuatnya menjadi lebih halus dan lurus secara natural. Hasil dari smoothing ini tidak bertahan lebih lama dari hasil rebonding.

Jika Anda tertarik untuk meluruskan rambut secara alami, Anda bisa menggunakan bahan-bahan di sekitar Anda. Cara alami meluruskan rambut bisa menggunakan campuran madu dan susu sebagai masker rambut karena kedua bahan tersebut menjadi bahan pelembut alami yang membuat rambut lebih lurus dan mudah diatur. Atau bisa juga dengan rutin mengoleskan lidah buaya atau minyak zaitun yang memberikan nutrisi sekaligus menghaluskan rambut. Masih banyak bahan alami lain yang bagus untuk perawatan rambut.

 

rambut lurus permanen

Berapa Lama Rambut Lurus dapat Bertahan?

Ketika melakukan pelurusan rambut, tentu semua berharap hasil rambut lurusnya bisa tahan lama bahkan permanen. Cara meluruskan rambut permanen dengan teknik smoothing atau rebonding di salon bisa menjamin rambut lurus lebih lama. Rebonding memiliki ketahan yang cukup lama dan bersifat lebih permanen hingga 7 bulan sampai 1 tahun. Perawatan ini memerlukan retouch minimal 6 bulan sekali untuk menyesuaikan rambut yang baru tumbuh.

Sedangkan pada proses smoothing, rambut lurus yang dihasilkan memiliki ketahanan sementara sekitar 3 bulan saja. Rambut lurus dari proses masih bisa Anda tata sesuai dengan selera meski sudah lewat dari 3 bulan. Inilah yang membuat  smoothing lebih diminati daripada rebonding. Namun untuk hasil yang lebih bagus, Anda harus melakukan proses smoothing ulang dalam jangka waktu tersebut.

Untuk proses meluruskan rambut secara alami dengan bahan-bahan alami, rambut lurus tidak memiliki ketahanan yang lama seperti jika melakukan proses kimia. Misalnya saja ketika melakukan cara meluruskan rambut permanen dengan memanfaatkan santan dan air lemon yang dicampurkan. Anda harus mengulang proses tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil bagus. Rambut juga tidak akan lurus secara instan, namun secara perlahan sesuai seringnya melakukan cara alami meluruskan rambut.

 

meluruskan rambut secara alami

Apa Efek yang Mungkin Ditimbulkan?

Cara agar rambut lurus dengan proses kimia mungkin menawarkan hasil yang instan. Selain itu, proses instan tersebut juga menjamin ketahanan rambut lurus dalam waktu yang lebih lama. Namun penggunaan obat kimia pada rambut tentu memiliki efek negatif terhadap kesehatan rambut. Sementara cara meluruskan rambut permanen dengan bahan alami lebih terjamin keamanannya meski digunakan dalam jangka panjang dan meski ketahanan tidak berlangsung lama.

 

 

Check Also

7 lokasi wisata yang ramah dan aman bagi wanita

7 Lokasi Wisata Yang Ramah dan Aman Untuk Wanita

Banyak kasus kejahatan dan kriminal yang menjadikan wanita sebagai korban pada saat traveling, di Indonesia …