Makanan Ini Dapat Membantu Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Makanan Ini Dapat Membantu Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi kini menjadi penyakit yang menakutkan, kurang lebih sebanyak 57 miliar penduduk dunia mengidap penyakit yang satu ini. Penyakit tekanan darah tinggi dapat beresiko tinggi menyebabkan serangan jantung, stroke, kerusakan retina bahkan dapat berujung pada kematian. Penyakit ini menyerang kepada siapa saja, tak lagi memandang umur dan jenis kelamin.

Faktor-faktor yang berpotensi memicu penyakit ini adalah seperti kebiasaan memakan makanan yang tidak sehat seperti frozen food,  stress serta gaya hidup masyarakat perkotaan. Tetapi masalah tersebut dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan bergizi, serta mengubah gaya hidup sedentari menjadi lifestyle yang lebih sehat. Makanan apa saja yang dapat anda konsumsi untuk mengontrol tekanan darah tinggi, berikut ini adalah penjelasannya.

Buah Berry

Buah Berry kaya akan kandungan vitamin C, polifenol, antosianin dan juga memiliki serat yang cukup tinggi sehingga berpotensi dapat menjadi makanan yang dapat mengontrol tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian menegaskan bahwa, wanita yang rajin mengkonsumsi jus buah Berry akan mengalami penurunan tekanan darah, dapat melemaskan Arteri kaki secara signifikan. Hal tersebut juga ditegaskan dari sumber lain yang mengatakan bahwa jus buah Berry jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah pada lansia berumur dari 50 hingga 70 tahun. Jadi, dari sekarang mulailah untuk mencegah tekanan darah tinggi dengan cara menyajikan smoothie buah Berry secara rutin.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau dapat memberikan khasiat untuk mencegah dampak dampak negatif dari gaya hidup yang penuh dengan tekanan, yang tentu saja banyak dialami oleh sebagian besar orang. Mayoritas sayuran budaya berdaun hijau memiliki zat potasium yang dapat membantu mengeluarkan kelebihan sodium, atau salah satu dari sekian penyebab terjadinya tekanan darah tinggi dari tubuh kita. Informasi terbaru untuk mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi, sebaiknya perbanyak mengkonsumsi sayuran hijau karena memang sangat bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah tinggi. Berikut ini merupakan jenis sayuran hijau yang baik dikonsumsi secara teratur demi mengontrol tekanan darah tinggi.

  • Kale
  • Bayam
  • Arugula
  • Selada cos
  • Lobak hijau
  • Turnip
  • Chard
  • Collard hijau
  • Daun sayur bit

Susu Skim Dan Yoghurt

Susu skim dan yoghurt juga salah satu makanan yang dapat menurunkan darah tinggi. Kedua jenis olahan yang terbuat dari susu sapi ini,mengandung rendah lemak dan juga sebagai sumber kalsium dan potasium yang baik dimana kalsium dan potasium sangat berhasiat untuk mengeluarkan sodium dari dalam tubuh. Jadi bagi Anda yang menderita darah tinggi, maka mengkonsumsi dua gelas susu rendah lemak, dan 1 hingga 2 cup kecil yoghurt rendah lemak per hari untuk menstabilkan darah tinggi.

Oatmeal

Bagi sebagian orang oatmeal hanya digunakan sebagai salah satu alternatif sarapan selain nasi dan roti. Perlu Anda ketahui, bahwa oatmeal juga salah satu makanan yang dapat menurunkan darah tinggi yang sangat efektif. Oatmeal memiliki kandungan serat, lemak sehat, vitamin dan juga mineral dalam jumlah yang tinggi. Bagi para pengidap darah tinggi, ini sangat berpengaruh besar manfaatnya, dari hasil penelitian mengatakan bahwa dampak positif bagi orang yang mengkonsumsi sekitar 5 gram per hari maka akan terjadi penurunan tekanan darah sistolik sebanyak 7,7 mm/hG dan penurunan tekanan darah tinggi diastolik sebesar 5,5 mm/ hG. Jadi bagi anda pengidap tekanan darah tinggi, mulai sekarang dapat menyertakan oatmeal sebagai makanan yang wajib untuk dikonsumsi.

Dark Chocolate

Akhirnya makanan yang satu  pasti disukai oleh semua orang yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi Anda yaitu dark coklat. Dark coklat sangat efektif untuk mengontrol tekanan darah bagi para penderita hipertensi, karena dark coklat mengandung flavonol. Peneliti dari Universitas Adelaide’s mengatakan bahwa, mengkonsumsi dark coklat harian sebanyak 30 hingga 1000 mg dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik yang sangat signifikan. Jadi tidak ada salahnya jika mengkonsumsi 1 keping dark coklat sebagai kudapan ataupun cemilan di sore hari sambil mengontrol tekanan darah tinggi.

Dari artikel diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa, tekanan darah tinggi bukan penyakit ringan yang dapat disepelekan. Anda wajib mengunjungi dokter spesialis secara teratur, meminum obat-obatan yang dianjurkan dan menurut resep dokter, serta mulailah hidup dengan pola hidup sehat demi mengatasi dampak-dampak negatif dari penyakit tekanan darah tinggi. Dan yang paling utama selalulah mengkonsumsi makanan penurun darah tinggi untuk menjaga tekanan darah.

Check Also

7 lokasi wisata yang ramah dan aman bagi wanita

7 Lokasi Wisata Yang Ramah dan Aman Untuk Wanita

Banyak kasus kejahatan dan kriminal yang menjadikan wanita sebagai korban pada saat traveling, di Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *