10 Macam Diet Cara Mengecilkan Perut Ampuh Namun Berbahaya
10 Macam Diet Cara Mengecilkan Perut Ampuh Namun Berbahaya

10 Macam Diet Cara Mengecilkan Perut Ampuh Namun Berbahaya

Banyak orang mencoba berbagai cara mengecilkan perut. Hingga artikel ini ditulis banyak orang sudah menyadari pentingnya untuk menjaga berat badan agar terhindar dari obesitas. Banyak motivasi cara diet sehat dibelakangnya entah itu untuk penampilan ataupun semata-mata untuk kesehatan.

Banyak cara dilakukan mulai dari yang sifatnya medis hingga yang alami seperti olahraga ataupun mengatur pola makan diet. Salah satu cara yang terkenal adalah dengan melakukan diet cara mengurangi lemak di perut.

Setiap diet memiliki kelebihan dan kekurangan diikuti dengan risiko yang masing-masing. Ada cara diet cepat yang sangat ekstrem namun beresiko tinggi sampai-sampai dikatakan berbahaya.

Artikel ini akan membahas 10 macam diet cara mengecilkan badan yang relatif berbahaya.

Macam-macam Diet Yang Termasuk Berbahaya

Pada tahap awal tubuh akan memberikan reaksi yang berbeda pada saat mulai menjalankan program diet. Maka dari itu perlu kita memiliki banyak referensi tips diet alami yang aman. Oleh karenanya saat kita menjalankan program diet sebaiknya secara bertahap untuk memberi waktu tubuh beradaptasi. Di bawah ini adalah jenis diet yang berbahaya yaitu:

Next Prev

Diet Sup

Cara mengecilkan perut diet sup

Di indonesia beberapa tahun yang lalu diet sup sangat terkenal dan menjadi trend. Mereka hanya mengkonsumsi sayuran kubis. Pada awalnya tampak sehat bila kita hanya mengkonsumsi sayuran namun kenyataannya nutrisi didalam tubuh pun tidak seimbang maka kita harus mengimbangi dengan makanan lain yang mengandung karbohidrat maupun protein. Cara untuk diet dengan seperti ini dirasa kurang bijak dan membahayakan kesehatan tubuh karena ketidakseimbangan gizi.

  1. Diet Lemonade

Cara diet sehat jus lemonade

Ini salah satu diet yang sangat ekstrem disebut-sebut sebagai tips diet cepat dimana kita diharuskan mengkonsumsi limun yang terbuat dari juice cabai rawit, lemon dan sirup maple. Diet ini sangat beresiko untuk merusak metabolisme di dalam tubuh.

  1. Diet Atkins

Pola makan diet atkins

Diet yang satu ini tidak termasuk tips diet sehat, karena  secara ekstrem membatasi konsumsi karbohidrat. Pada dasarnya kita memerlukan karbohidrat sebagai sumber energi bukan saja untuk kita beraktivitas namun juga diperlukan untuk organ-organ di menjalankan fungsinya seperti otot paru-paru jantung dan lain-lain.

  1. Diet Hcg

diet hcg Cara mengurangi lemak di perut

Diet ini sangat ekstrem dan kontroversial. Seperti kita ketahui bahwa hcg adalah hormon yang dimiliki oleh seorang ibu saat hamil. Jadi ide dari diet ini adalah menyuntikan hormon hcg ke dalam tubuh seseorang diikuti dengan program makan makanan rendah kalori. Diet ini memiliki resiko untuk gangguan irama jantung, saraf dan juga muncul batu empedu.

  1. Diet Asam Basa

Cara diet cepat diet asam basa

Nama lain dari diet ini adalah diet alkaline. Pola makan dari diet ini dengan menentukan porsi 70% untuk makanan yang bersifat basa dan sisanya 30% untuk makan makanan yang bersifat asam. Diet ini memiliki tujuan untuk menyimbangkan ph di dalam tubuh. Namun kembali lagi pada keseimbangan tubuh untuk memerlukan nutrisi yang berimbang sehingga diet ini pun akhirnya disebut diet yang berbahaya.

  1. Diet Paleo

Cara mengecilkan badan diet paleo

Diet paleo meskipun termasuk diet yang berbahaya dan kontroversial namun tetap memiliki banyak penggemarnya. Diet ini menyesuaikan dengan pola makan manusia pada zaman dahulu kala yaitu zaman purba yaitu zaman paleolitikum. Tentu saja hal ini sangat berbeda dibandingkan dengan zaman sekarang.

  1. Intermittent Fasting

Tips diet alami intermittent fasting

Disebut juga dengan istilah diet puasa. Pola makan dari diet ini mempersilahkan untuk makan apa saja hanya saja dibatasi pada jam-jam tertentu. Puasa yang dijalankan bisa selama 24 jam atau 8 jam. Di luar dari jam kuasa dipersilahkan untuk makan apa saja.

  1. Diet Mayo

Cara untuk diet diet mayo

Diet mayo termasuk kategori diet yang berbahaya. Diet ini dilakukan selama 13 hari hanya makan makanan yang rendah karbohidrat dan juga dilarang mengkonsumsi makanan yang mengandung garam. Diet ini hanya bersifat sementara untuk menurunkan berat badan sehingga termasuk diet yang tidak sehat.

  1. Diet Makanan Bayi

Tips diet cepat diet makanan bayi

Diet makanan bayi termasuk diet yang berbahaya dan tidak sehat. Diet ini menjalankan pola makanan yang mengharuskan untuk mengkonsumsi makanan bayi dan dengan porsi bayi pula atau porsi yang kecil.

Berat badan akan turun karena pola makan yang serba minim dengan varian yang sedikit dan posisi yang kecil. Tentu saja kebutuhan orang dewasa dan bayi berbeda diikuti dengan nutrisi yang berbeda pula.

  1. Diet Ketogenik

Diet Ketogenik Tips diet sehat

Diet berbahaya ini memiliki aturan makanan yang tinggi lemak tetapi rendah karbohidrat dan protein yang rendah. Pada kondisi seperti ini akan menciptakan kondisi ketosis yang memaksa tubuh untuk membakar lemak sebagai sumber energi.

Digolongkan sebagai diet berbahaya ya karena merangsang ketoasidosis yang dapat berakibat kulit kering, kelelahan dan juga sesak nafas. Kondisi yang lebih parah ah bisa menyebabkan kematian.

Next Prev

Itulah 10 macam diet yang harus anda hindari bila anda tidak yakin dengan kemampuan anda. Pastikan anda menghindari 10 macam jenis diet tersebut.

Efek Samping Yang Bahaya Bagi Tubuh Dalam Diet Ekstrem

Memiliki tubuh yang ideal adalah idaman dari setiap orang sehingga membuat orang-orang melakukan apa saja untuk dapatkan tubuh yang ideal. Memang untuk menjaga tubuh memiliki berat yang ideal dapat menjaga kesehatan namun tetap harus sesuai dengan indeks massa tubuh yang setiap orang pasti berbeda.

BACA JUGA :  Proses berobat dan konsistensi pasien jadi tantangan pengobatan TB

Saat kita ingin menurunkan berat badan pastikan bahwa kita melakukannya dengan cara yang sehat dan benar. Jika kita keliru dalam melakukan diet maka justru hal-hal yang tidak baik akan menyerang tubuh kita.

Berikut beberapa masalah yang akan datang jika kita melakukan diet dengan tidak benar:

  1. Kanker

Kanker payudara, ginjal dan jenis kanker lainnya bisa menjadi salah satu akibat dari penurunan berat badan yang cepat dengan memotong asupan nutrisi secara langsung dan ini merupakan hasil sejumlah studi penelitian.

Dilansir dari  boldsky : kita mengkonsumsi makanan junk food selama beberapa.e sebenarnya kita juga mengkonsumsi bahan-bahan yang semuanya disimpan dalam sel-sel lemak tubuh. Lalu saat kita diet dengan minum karbohidrat, maka lemak cadangan tadi dibakar untuk menjadi energi yang pada saat bersamaan lemak tersebut juga melepaskan bahan kimia dari junk food tadi yang justru memicu terjadinya kanker.

  1. Sembelit

Sembelit terjadi kepada mereka yang telah menjalankan program diet cepat berdasarkan hasil survei. Selain itu mereka juga mengalami gangguan pencernaan. Mengapa hal ini terjadi? Karena tubuh kurang mendapatkan asupan serat sehingga kotoran mengeras di dalam usus dan tidak dapat dikeluarkan dengan sempurna.

  1. Menstruasi yang tidak teratur

Saat menikah mencoba menurunkan berat badan dengan membatasi asupan kalori dan serat di dalam tubuh. Saat terbatas mendapatkan asupan nutrisi keseimbangan hormon menjadi kacau sehingga menstruasi pun tidak teratur.

  1. Gangguan jantung

Jantung bisa saja memiliki tekanan darah yang sangat rendah karena kurangnya nutrisi di dalam tubuh. Karena tekanan yang rendah jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah keseluruh tubuh yang pada akhirnya kita memaksa jantung bekerja ekstra setiap saat yang pada gilirannya dapat menyebabkan gagal jantung.

  1. Batu empedu

Batu empedu juga bisa menjadi salah satu akibat yang ditimbulkan dari diet cepat dan tidak sehat ataupun olahraga yang sangat ekstrem yang menyebabkan empedu tidak dibersihkan dari tubuh dengan benar. Dengan berjalannya waktu empedu akan mengeras dan terjadi endapan di batu kantung empedu.

  1. Ketidakseimbangan elektrolit

Dengan melakukan diet yang cepat, yang terjadi berikutnya adalah jumlah asupan makanan ataupun nutrisi sangat sedikit ke dalam tubuh. Dan disaat yang bersamaan kandungan mineral yang masuk pun tidak mencukupi sehingga elektrolit didalam tubuh tidak seimbang. Dan tentu saja hal ini dapat membuat anda menjadi tidak nyaman, ataupun diare.

  1. Sarcopenia

Adalah suatu kondisi dimana otot semakin kecil dan melemah. Tentu saja ini akan mengganggu metabolisme di dalam tubuh juga aktivitas anda sehari-hari. Orang rela untuk tidak makan guna membatasi kalori yang masuk dan di saat yang bersamaan berarti anda sedang membatasi nutrisi untuk perkembangan otot.

Itu adalah beberapa efek samping yang berbahaya bagi tubuh bila kita menjalankan diet yang ekstrem. Maka sebaiknya kita mesti bijak untuk menjalankan diet sesuai dengan kemampuan kita dan sebaiknya di bawah pengawasan dokter atau para ahli.

Cara Menerapkan Diet Yang Sehat Dan Aman

Ciri utama dari diet yang tidak aman adalah memberikan hasil yang sangat cepat atau penurunan berat badan dalam waktu yang singkat, nutrisi yang tidak seimbang dikonsumsi, atau justru mengkonsumsi kalori yang berlebihan.

Bila 3 ciri tersebut ada di dalam program diet maka anda patut waspada. Sebaiknya anda boleh diet tetapi dengan cara yang aman dan alami dengan makanan buat diet. Macam-macam diet telah disebutkan tetap bisa dijalankan hanya saja dalam pengawasan dan sesuai kemampuan.

Diet sehat alami adalah diet yang bisa kita jalankan tanpa terasa tersiksa. Sederhananya kita bisa melakukan diet dengan mengatur jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan mengatur makanan diet sehat.

Setiap manusia rata-rata kalori dibutuhkan 1200 hingga 1800 terdiri protein, karbohidrat dan lemak yang harus seimbang. Maka pastikan saja setiap kali anda makan anda bisa memperkirakan jumlah kalori tidak lebih dari 1200. Apapun makanan anda, selama wajar bisa menjadi menu makanan diet.

Saat menjalankan diet cepat kurus ini harus dibarengi dengan olahraga yang teratur. Dengan olahraga yang teratur akan mempercepat proses penurunan berat badan. Selain berat badan anda turun badan pun terasa lebih bugar dan sehat. Program diet sehat itu memang terasa manis saat dibicarakan namun sangat mahal harga yang harus kita bayar. Siapkah anda bayar harga? Minum teh hijau bisa bantu turunkan berat badan lho… baca artikelnya disini.

Itulah sedikit informasi mengenai tips mengecilkan perut dengan diet yang berbahaya dan juga tips diet yang sederhana cara kuruskan badan. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Jika anda berkenan dan anda merasa mendapatkan manfaat dari artikel ini silakan share artikel ini kepada teman dan kerabat anda semoga mereka juga mendapatkan manfaat yang sama.

About editor

Check Also

Cara Menghilangkan Keputihan Dan Bau Tak Sedap Pada Miss V

Cara Menghilangkan Keputihan Dan Bau Tak Sedap Pada Miss V

Menjadi masalah klasik dari setiap kaum wanita di mana Miss V mengeluarkan bau yang tidak …