family 1848957 640

Cara Mendidik Anak Perempuan Untuk Kebaikkannya Kelak

Sebenarnya untuk mendidik anak laki-laki dan anak perempuan sama saja, yang berbeda adalah cara pendekatan yang dilakukan. Hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk bisa mendidik anak perempuan agar menjadi wanita yang siap menjalani masa depan. Berikut ini adalah cara mendidik anak perempuan yang baik,

 

people 2566854 640

Mencintai anak

Tanpa disadari terkadang sang Bunda sering membandingkan anak yang satu dengan yang lain atau bahkan dengan anak orang lain. Tak jarang juga Bunda sering memuji anak Bunda yang dianggap nilai sekolahnya paling baik atau paling nurut dibandingkan dengan kakaknya. Pada dasarnya Setiap anak memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing, tetapi merupakan hak asasi anak untuk mendapatkan perlakuan yang sama. Bunda perlu melakukan hal ini agar anak merasa dihargai dan disayangi oleh kedua orang tuanya.

Dari penelitian yang pernah dilakukan,  untuk bisa mendidik anak dengan cara memberikan pujian, akan memicu sang anak untuk melakukan sesuatu yang bisa membuat orang terkesan yang akhirnya hanya untuk mendapatkan suatu pujian. Yang mana kelompok akan kehilangan motivasi diri dan hidup ini hanya akan bergantung dengan pendapat orang lain. Anak juga bisa sakit hati ketika Apa yang dilakukannya tidak mendapatkan respon bagus dari orang lain.

Di dalam lingkup keluarga, ujian akan menimbulkan kecemburuan diantara anak, bahkan sang anak sering Bunda Puji hanya untuk dipuji anak dengan memanfaatkan kehebatan anak.

 

mother and daughter 3281388 640

Membangun rasa kepercayaan diri

Anak memiliki kemampuan yang berbeda, ada yang pintar dalam pelajaran berhitung, ada anak yang pintar dalam pelajaran kesenian dan ada juga anak yang pintar berolahraga, dalam artian semuanya sama-sama baik hanya di bidangnya saja yang berbeda. Keduanya tetap harus diperlakukan secara sama, jika Bunda hanya bangga kepada salah satu anak maka anak yang pintar di bidang lain akan kehilangan rasa percaya diri bahkan, akan merasa minder dan tidak nyaman berada di sekitar anak-anak lain.

Sisihkan waktu sejenak untuk bisa melihat apa yang terjadi pada anak seperti membantu menyelesaikan kesulitan yang mungkin ditemukan saat pelajaran, dan dukung sang anak untuk terus berkembang dan meningkatkan rasa percaya diri.

 

child 3046494 640

Mengajarkan agama sejak dini

Mengajarkan nilai-nilai sangat penting, salah satunya membiasakan anak untuk mengawali segala sesuatu dengan berdoa. Semakin besar Bunda bisa mengajarinya untuk membaca doa yang lebih panjang serta melakukan ibadah bersama. Mengajarkan anak untuk bisa mengenal agamanya lebih dalam bisa dengan cara menyenangkan yaitu membacakan buku.

Berbekal agama adalah hal yang paling penting, hal itu akan membuat anak sadar untuk menjalankan kewajibannya dan menjauhi apa yang dilarang. Jika Bunda memiliki keterbatasan dalam agama Bunda bisa memasukkan anak ke sekolah agama atau dengan guru privat.

 

mama dan anak

Mencari ilmu

Cara lain untuk mendidik anak perempuan adalah memberinya bekal sebanyak mungkin, kedua orang tuanya memberi bekal materi yang sangat banyak, tetap saja bisa habis jika tidak bisa mengelolanya dengan baik, berbeda dengan ilmu yang bisa bertahan. Untuk bisa menggali ilmu lebih dalam lagi. Ilmu yang dimaksud adalah ilmu yang dikaitkan dengan bidang yang diminati, hal itu bertujuan agar sang anak dapat dengan maksimal untuk menambah ilmunya di bidang yang ditekuni seperti memasak, kerajinan tangan ataupun modeling.

 

Belajar memasak

Tidak semua perempuan bisa memasak tetapi, memasak adalah tugas dasar yang menjadi tanggung jawab seorang perempuan. Tidak semua orang terlahir langsung bisa memasak, karena memasak dapat dipelajari asalkan mau mencoba dan terus berlatih untuk mengasah kemampuan.

Selain memasak, anak perempuan juga wajib memiliki pengetahuan tentang mengolah makanan dengan baik agar sang anak dapat menghidangkan makanan yang sehat dan bergizi untuk keluarganya kelak. Memasak dapat menjadi keterampilan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih.

 

mama dan gadis

Mengenali organ reproduksi

Pada masa puber, anak akan mengalami perubahan pada tubuhnya, dan bagi anak wajib untuk bisa mengenali organ reproduksinya. Sebagai contoh ketika payudara atau rambut kemaluannya mulai tumbuh maka, sang anak juga wajib menggunakan pakaian dalam khusus. Jangan lupa ajakan juga cara merawat dirinya, terutama pada bagian wajah karena pada usia puber biasanya wajah anak akan timbul jerawat. Anak juga wajib tahu tentang menstruasi dan pentingnya menjaga organ intim.

 

mama dan anak2

Pendidikan seks dini

Banyak orangtua yang berbeda pendapat mengenai pendidikan seks sejak dini pada anak, sebagian orang tua tidak setuju untuk mengajarkan seks sejak dini karena masih dianggap tabu dan memicu rasa penasaran, tetapi sebagian orangtua lainnya berpendapat hal ini baik agar mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Tak mudah untuk bisa berbicara masalah ini dengan anak, mungkin justru akan terasa canggung. Tetapi sang anak harus tetap mengetahui tentang pendidikan seks seperti melarang anak untuk melakukan seks sebelum waktunya sertakan dengan alasannya yang mudah dipahami. Seks yang tidak pada tempatnya juga beresiko pelakunya terkena beragam penyakit menular yang berbahaya hingga, resiko kehamilan diluar pernikahan. Hal tersebut demi mengingatkan sang anak sebelum terlambat.

[irp]

 

mama dan anak 4

Menjaga diri

Menjaga diri pada anak perempuan tidak hanya sebatas mencegah kejahatan, apalagi karena perempuan atau anak-anak sering menjadi sasaran penjahat seperti mendapat perhiasan yang digunakan atau hal lain karena perempuan dinilai  lemah. Mendidik anak adalah wajib untuk menjaga tubuhnya. Anak perempuan harus menutup sebagian tubuhnya dan tidak membiarkan orang lain untuk menyentuh bagian-bagian tubuh tertentu. Jika ada yang berani menyentuhnya maka adukan kepada Bunda.

Menjaga diri adalah hal yang lebih penting ketika si anak tumbuh dewasa, ajarkan anak untuk tidak mudah menerima ajakan laki-laki.

 

family 3817055 640

Ajarkan membantu pekerjaan rumah

Seorang anak perempuan seharusnya bisa membantu mengerjakan pekerjaan rumah. Meskipun Bunda memiliki asisten rumah tangga, sebagai anak perempuan ajarkan untuk belajar mengerjakan pekerjaan rumah. Anda bisa memulainya dari hal yang paling sederhana seperti menyimpan kembali mainannya setelah selesai bermain atau bangun tidur langsung merapikan tempat tidurnya.

Perempuan yang bekerja di kantoran hal yang biasa ditemui apalagi, hal itu memang karena faktor ekonomi. Sebagai perempuan tetap tidak boleh melupakan kewajibannya untuk bisa merawat keluarga di rumah. Dari kecil sudah terbiasa merawat keluarga, saat ia berkeluarga nanti dia bisa merawat keluarganya dengan baik.

 

Pintar Mengatur keuangan

Sebagai seorang perempuan biasakan anak diajarkan untuk menabung, dengan menyisihkan uang jajannya sedikit demi sedikit maka kelak uangnya akan bertambah. Selain menabung anak juga harus diajarkan cara menggunakan uang jajan dan tabungannya dengan bijak, dengan cara berhemat serta belajar memiliki prioritas, agar  anak terbiasa mengatur keuangan ketika ia besar.

 

child 1058286 640

Memiliki prinsip

Kemajuan teknologi memungkinkan anak banyak mengenal orang, semakin banyak menambah ilmu ,  dan juga banyak hal yang dapat mempengaruhi dirinya. Meskipun masih kecil sebaiknya, anak bisa diajarkan harus memegang prinsip, bisa dimulai dari hal kecil seperti tidak berbohong pada orang tua meskipun dipaksa oleh temannya. Seiring berjalannya waktu semakin saat anak dewasa keyakinan anak untuk memegang prinsip akan meningkat terutama soal agama dan haknya sebagai perempuan.

 

summer 4447538 640

Mengajarkan hidup mandiri

Banyak hal yang bisa diterapkan untuk mengajarkan anak bisa mandiri, bisa dimulai dari dirinya sendiri. Sebagai contoh membiasakan anak mandi sendiri, berseragam sekolah, atau menyiapkan sarapan dan memakai sepatu sendiri. Biasakan juga anak untuk bisa mempersiapkan buku-buku sekolah sendiri akan membuat sang anak memiliki rasa tanggung jawab. Saat anak besar maka sang anak akan lebih mandiri lagi, dan juga menjadi anak yang tangguh.

Ketika sang anak telah dewasa tingkat kemandiriannya akan berkembang, seperti mandiri secara finansial. Hubungi untuk dukung dan mencari penghasilan sendiri, tak harus di kantor karena mencari penghasilan dari rumah juga bisa. Meskipun kelak setelah berkeluarga ia dinafkahi oleh suaminya, tetapi tak ada salahnya untuk anak-anak tidak bergantung sepenuhnya kepada suami.

 

mother and daughter 2078075 640

Problem solving

Mengajarkan anak-anak kreatif, berpikir kritis dan menyelesaikan masalahnya sendiri. Contoh jika anak bermain dan mainannya rusak meminta saudaranya memperbaiki. Terapkanlah hal yang sama juga saat saudaranya mengalami hal seperti yang dialami.

 

Berteman dengan yang banyak

Berteman boleh dengan siapa saja tetapi, tetap selektif dalam artian ajarkan anak untuk berteman tidak pandang bulu tetapi tetap harus bisa memilih teman yang memiliki dampak positif bagi dirinya. Anak-anak yang masih kecil belum memahami manakah teman yang baik dan manakah yang tidak baik apalagi si anak hanya bermain dengan teman yang memiliki hobi yang sama atau yang dianggapnya tidak mengganggu.

Memiliki seorang anak perempuan dari masih kecil ataupun sudah dewasa peran Bunda tetap dibutuhkan atau bahkan tidak akan pernah selesai dalam hal pertemanan karena, Bunda tetap harus mengawasi serta mengetahui siapa saja yang menjadi teman anak karena, selain keluarga teman juga memiliki pengaruh pada perkembangan anak.

[irp]

 

child and mom 2356369 640

Sederhana

Ajarkan sedari dini agar anak bisa hidup sederhana dan apa adanya, Bunda tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anak, meskipun tidak salah tapi ada baiknya untuk tidak memanjakan anak dengan materi atau kemewahan. Materi yang berlimpah belum tentu kita miliki selamanya, bisa saja suatu hari harta akan hilang tetapi, si anak telah terbiasa dengan kemewahan. Jika anak bisa menerima pasti akan sangat baik tetapi, jika tidak maka anak akan melakukan segala hal untuk memenuhi gaya hidup mewah nya.

 

Ajarkan memiliki pribadi yang lembut

Mengajari anak untuk bisa bersikap lembut adalah cara mendidik anak perempuan yang benar. Berani untuk memaafkan, berbagi dengan sesama dan peduli dengan sekitarnya adalah salah satu sifat pribadi yang lembut. Bisa bergaul dan berkembang bisa membuat anak menjadi lebih supel dan ramah.

 

Jadi anak pemberani

Menjadi anak perempuan tetap harus bisa menjadi seorang pemberani, meskipun tidak mudah tetapi sudah harus dibiasakan. Sebagai contoh dorongan anak untuk bisa tampil di depan orang banyak atau mengikuti perlombaan.

 

people 2566855 640

Merawat diri

Merawat diri adalah bentuk dari kita menghargai diri dan bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki. Setiap orang layak merawat dirinya seperti tubuh yang bersih dan pakainya. Ini juga bisa disertai dengan pola hidup yang sehat apalagi bagi seorang perempuan tentunya akan enak dipandang jika tingkah lakunya baik penampilannya pun ikut menarik.

 

mama dan anak gadis

Memberi contoh yang baik

Memberikan contoh yang baik adalah wajib yang diajarkan oleh sang Bunda kepada anak dan juga tidak kalah penting. Anak selalu memperhatikan apa yang ada di sekitarnya. Orang tua harus melakukan hal-hal yang baik agar bisa diikuti oleh anak-anak  contohny beribadah, menjadi pribadi yang lembut dan lain-lain.

 

Marilah kita sebagai orang tua bisa memberikan pendidikan anak dengan baik bukan menurut kita baik karena yang menurut kita baik belum tentu baik untuk anak. Pengalaman yang pernah kita alami dari orang-orang bisa dijadikan pembelajaran agar anak tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik di kehidupannya kelak.

Check Also

girl lying down 2042581 640

Waspada Penyakit Menular Seksual, Terutama Bagi Kaum Wanita

Penyakit menular seksual atau lebih akrab dikenal PMS adalah infeksi yang ditularkan melalui hubungan intim. …