keluarga kecil

Cara Bijak Mendidik Sang Buah Hati

Memiliki peran sebagai orang tua tentu harus dapat membimbing dan mengarahkan untuk bisa menjadi anak yang baik dan memiliki akhlak yang baik seperti yang kita inginkan saat mereka dewasa kelak.

Anak pada usia 0 tahun adalah masa-masa yang kritis untuk perkembangan otak anak, di tahap inilah masa keemasan perkembangan otaknya terjadi dengan pesat bahkan, otak anak akan memiliki kemampuan untuk menyerap pengalaman-pengalaman lebih cepat dari anak yang berusia 3 tahun. Oleh karena itu jangan sampai kita salah dalam mendidik anak atau memberikan contoh-contoh putra-putri kita.

Banyak sekali metode yang beredar untuk mendidik anak dengan baik, dan keberhasilan sebuah materi metode yang dijalankan kesuksesannya tergantung dari seberapa efektif orang tua masing-masing memberikan kontribusi kepada anak-anaknya. Berikut ini adalah berapa cara mendidik anak yang baik dan benar serta bijak yang mungkin bisa anda terapkan kepada anak-anak.

 

Mendidik Sang Buah Hati

  1. Cara menunjukkan kasih sayang yang tulus dengan cara bersikap lembut

Bersikap lembut kepada anak merupakan sesuatu yang sangat mutlak untuk dilakukan sebagai orang tua, sebab tutur kata yang lembut akan dengan mudah didengarkan oleh sang anak saat orang tuanya menasehati. Selain bersikap lembut kepada sang anak, orang tua juga wajib memberikan kasih sayang yang tulus kepada anak, seperti contohnya seringlah mengatakan bahwa Bunda menyayanginya disertai dengan pelukan atau ciuman yang tentu akan menjadi penyemangat tersendiri bagi sang anak yang bisa dilakukan.

 

dekat dengan anak

  1. Menjadi pendengar yang baik dan memberikan respon

Terkadang anak-anak pernah merasakan diolok-olok oleh teman sebayanya, dan kita sebagai orang tua sebaiknya melakukan pendekatan kepada anak untuk bisa bercerita. Saat seperti ini biasanya orang tua dituntut menjadi pendengar yang baik, mampu mendengarkan keluh kesah anak dan mencoba untuk memberikan dukungan atau respon positif bagi si kecil. Cara ini dapat membantu untuk membangun rasa percaya diri sang anak.

Memberikan dukungan yang positif dan memberitahu cara untuk tidak menjadi korban olokan temannya dengan cara menghindari, serta kemampuan agar bisa bersosialisasi lebih baik. Bunda bisa mengajarkan bagaimana cara menghindari ejekan dari teman contohnya, saat ada yang mengejek maka berikan jawaban dari ejekan tersebut. Teman temannya pasti akan merasa jenuh dengan jawaban yang dilontarkan karena ejekannya tidak terlalu ditanggapi dan tidak mendapatkan respon seperti yang diinginkan seperti menangis, mengadu atau marah.

[irp]

menemani anak bermain

  1. Membangun kreativitas dengan melakukan permainan

Untuk bisa mengajarkan anak tidak selalu Bunda membuat peraturan-peraturan yang mungkin saja membuat anak merasa terikat, dengan cara bermain bersama anak juga dapat menjadi salah satu solusi cara mengajarkan kepada anak. Saat bermain bersama, sang anak akan terangsang untuk mempelajari sesuatu dari Bunda dengan cara-cara menyenangkan seperti bermain, menari atau bermain musik bersama.

ibu dan anak

 

  1. Hindari kata “jangan”

Tanpa disadari hal yang satu ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh orang tua. Saat sang anak mencoba sesuatu yang mungkin sedikit menantang atau membahayakan seringkali orang tua mengatakan “jangan” kepada sang anak. Saat Bunda terlalu sering mengucapkan kata itu kepada anak, justru akan memberi akibat negatif sehingga sang anak tak akan berkembang kreativitas. Untuk menghindari menggunakan kata “jangan” sebaiknya ganti kata “jangan” menggunakan kata lain yang memiliki makna positif. Sebagai contoh saat anak berlari Bunda pasti secara spontan berkata “Jangan lari” meskipun maksud dari kata tersebut adalah “berjalan saja”, tetapi sang anak terkadang tidak menangkap maksud tersebut. Jadi sebaiknya gunakan kata berjalan saja atau pelan-pelan saja dan lain-lain.

Mendidik Sang Buah Hati2

  1. Jadi panutan untuk anak

Soran anak pasti memiliki idola di dunia imajinasinya, sama halnya di dunia yang sesungguhnya dia pasti ingin memiliki seorang idola. Sebagai orang tua, Bunda wajib untuk mencoba menjadi apa yang diinginkan sang anak dan selalu bisa diandalkan. Contohnya Bunda bisa melakukan apapun yang terbaik untuk diberikan kepada anak-anak Bunda.

cara bijak Mendidik Sang Buah Hati

  1. Memberikan rasa nyaman

Cobalah untuk membuat anak merasa nyaman saat bermain dengan Bunda, seperti mencoba untuk berdiskusi kecil di saat bermain. Agar sang anak merasakan nyaman, sebaiknya Bunda tidak menjadi orang yang merasa paling tahu segalanya untuk mencegah mendominasi perbincangan. Buatlah sang anak seperti seorang teman yang juga butuh untuk didengarkan dengan baik dan penuh rasa simpati.

belajar dengan lingkungan

  1. Tumbuhkan rasa saling menghormati

Ajarkan anak untuk menghormati siapapun orangnya, kepada orang yang lebih tua ataupun teman sebaya. Penting untuk ditumbuhkan sejak dini karena, saat kelak sang anak dewasa ia dapat bersikap hormat kepada semua orang.

ketangkasan anak

 

  1. Tumbuhkan rasa tanggung jawab

Selalu ingatkan dan juga Bunda ajarkan untuk memiliki rasa tanggung jawab terhadap dirinya. Sebagai contoh saat waktu sekolah maka anak harus berangkat, jika sang anak bertanya maka Bunda harus memberikan alasan yang bisa dipahami oleh sang anak.

ajarkan ucapkan terima kasih

  1. Ajarkan meminta maaf

Berani untuk meminta maaf karena bersalah adalah tindakan yang mulia dan kesatria. Biasakan anak untuk meminta maaf saat melakukan kesalahan terhadap teman sebayanya, agar mereka tahu bahwa perbuatan yang dilakukannya adalah tindakan yang tidak terpuji.

 

anak dan lingkungan

  1. Jangan ditakuti

Banyak orang tua yang terkadang mengambil jalan pintas yang mudah seperti, menakut-nakuti supaya anak bisa menurut. Perilaku seperti ini adalah perilaku orang tua yang keliru karena, itu akan membuat trauma yang anak saat ia dewasa dan akhirnya mengakibatkan anak tidak mandiri bahkan dapat mengurung kreativitasnya.

ibu dan buah hati

  1. Jangan dibohongi

Membohongi saat anak kecil juga akan membuat sang anak terbiasa dengan kebohongan kebohongan yang sering terlontar oleh orang tuanya. Saat dia dewasa kelak pasti akan menganggap berbohong adalah hal yang biasa karena semua orang termasuk orang tuanya juga sering melakukannya.

[irp]

mendidik anak perempuan

  1. Berkata dengan nada tinggi dan mengancam

Anak kecil seperti kertas putih yang kosong, baik atau tidaknya sangat tergantung dari ajaran kedua orang tuanya kepada sang anak. Kita sebagai orang tua cobalah untuk bisa menghindari perkataan yang keras atau dengan nada tinggi kepada sang anak. Mengancam atau meneriaki sang anak apabila berperilaku nakal atau bandel. Tahan emosi Bunda dengan mengucapkan kata yang lembut dan bijaksana.

bijak dengan anak

  1. Keterbukaan

Memiliki waktu luang untuk bersama-sama sang anak, ajaklah untuk berbicara dan mencoba mencari tahu mengenai kesehariannya. Apa saja yang di lakukan di kesehariannya untuk mengetahui apa yang membuatnya senang, sedih atau pun bersemangat. Saat sang anak bisa terbuka maka, Bunda juga bisa mencari celah untuk bisa mengetahui sifat anak dan bisa menjadi inspirasi bagi orang tua. Orang tua yang baik dan bijak adalah orang tua yang dapat memberi pengalaman dan pelajaran dari siapapun termasuk dari sama anak.

Itulah beberapa metode yang bisa Bunda coba untuk membuat sang anak menjadi lebih baik. Semoga bisa bermanfaat dan mendapatkan respon baik dari sang anak.

Check Also

girl lying down 2042581 640

Waspada Penyakit Menular Seksual, Terutama Bagi Kaum Wanita

Penyakit menular seksual atau lebih akrab dikenal PMS adalah infeksi yang ditularkan melalui hubungan intim. …