Bahaya Gadget Hilangkan Rasa Gotong Royong
Bahaya Gadget Hilangkan Rasa Gotong Royong

Bahaya Gadget Hilangkan Rasa Gotong Royong

Dilansir dari Liputan 6, bahwa Direktur Eksekutif Maarif Institut mewanti-wanti bahwa gadget dapat mengikis gotong royong dimasyarakat bila berlebihan.

Direktur Eksekutif Maarif Institute, Abdullah Darraz mengingatkan bahaya penggunaan gawai berlebihan. Menurutnya, hal itu dapat mendorong individualisme dan menggerus sikap gotong royong.

Hal itu disampaikan Abdullah Darraz saat mengisi acara ngabuburit Bersama Badan Kebudayaan Nasional Pusat (BKNP) PDI Perjuangan (PDIP), Kamis (6/5/2021).

Dengan adanya gadget (gawai) menjadi pengaruh buat kita sehingga terbiasa dengan egoisme dan individualis, sehingga cenderung terlalu sibuk sendiri, memikirkan diri sendiri daripada memikirkan orang lain maupun bangsa Indonesia ini, kata Darraz.

Dia pun mengajak umat muslim Indonesia menjadikan Ramadan untuk merefleksikan diri menyangkut penggunaan gawai yang berlebihan. Sebab kondisi itu mendorong individualisme hingga menggerus sikap gotong royong yang menjadi dasar utama hidup orang Indonesia sejak dulu.

Darraz mengingatkan pada dakwah Walisongo, salah satu ajaran yang diperkenalkan dan ditularkan pada masyarakat nusantara adalah semangat gotong royong. Sikap ini sudah menjadi bagian dari jiwa masyarakat Indonesia.

Sementara di masa kini, kata dia, dengan adanya kemajuan teknologi justru membuat semangat kebersamaan atau gotong royong di setiap masyarakat menjadi tergerus.

Menurut Darraz, pengaruh gawai kemudian memicu lahirnya sikap egoisme, sehingga cenderung terlalu memikirkan diri sendiri daripada orang lain maupun bangsa.

Padahal, semangat bergotongroyonglah yang dapat menumbuhkan rasa empati, peduli lingkungan sekitar dan perhatian. Semangat itu juga yang menjadikan pikiran kritis dan tanggap terhadap lingkungan sosial.

Justru kan, gotong royong itu meniscayakan kita punya rasa empati dan peduli, mempunyai perhatian terhadap orang lain, ketika orang lain sedang mengalami kebutuhan tertentu, ya kita semua harus melakukan kepedulian itu, katanya dikutip dari Antara.

Sumber : liputan6.com

BACA JUGA :  Ini Dia 5 Cara Aktifkan 5G di HP Anda

About editor

Check Also

Cara Menghilangkan Keputihan Dan Bau Tak Sedap Pada Miss V

Cara Menghilangkan Keputihan Dan Bau Tak Sedap Pada Miss V

Menjadi masalah klasik dari setiap kaum wanita di mana Miss V mengeluarkan bau yang tidak …