Bahaya Di Balik Kepraktisan Dari Sulam Alis

Bahaya Di Balik Kepraktisan Dari Sulam Alis

Saat ini sulam alis menjadi salah satu teknik make up semi permanen yang banyak diminati wanita yang bakal menjadi tren bagi para pemerhati kecantikan. Dan sulam alis tidak hanya dilakukan oleh wanita asia , sulam alis kini justru menjadi populer dan semakin lama semakin naik popularitasnya karena wanita dari mancanegara pun memilih sulam alis sebagai alternatif cepat dan juga praktis untuk mendapatkan bentuk alis yang sempurna hanya dalam waktu singkat. Hal ini semula berawal dari sebuah teknik penanaman pigmen, dimana menyerupai rambut yang biasa digunakan bagi penderita kanker stadium akhir, tetapi kini sulam alis menjadi populer di mana banyak digemari oleh semua wanita di berbagai usia. Sulam alis dipopulerkan oleh beberapa negara Asia, namun beberapa tahun belakangan ini Eropa dan Amerika juga mengikuti teknik make up semi permanen ini. Dengan sulam alis maka kita akan mendapatkan bentuk alis yang sempurna, dan hingga saat ini masih banyak diminati oleh para kaum wanita. Tak banyak memakan waktu untuk menanamkan pigmen ke dalam kulit, dan hal itu membuat wanita memilih sulam alis sebagai alternatif untuk mendapatkan bentuk alis sempurna seperti yang mereka inginkan.

Dengan teknik sulam alis anda akan mendapatkan kesempurnaan bentuk alis yang tentu saja menarik perhatian wanita, tetapi dibalik itu semua sulam alis tidaklah menjadi teknik yang sempurna dan praktis seperti yang Anda bayangkan. Dengan proses yang singkat, anda juga pasti akan menemui tahap-tahap rumit. Menggunakan sulam alis ini tak jarang kita akan menemui para pemilik alis yang menjadi korban akibat dari penanganan dokter yang kurang terampil ataupun ahli sulam alis saat menangani konsumennya. Berikut ini adalah bahaya sulam alis yang harus anda ketahui sebelum melakukan sulam alis sebagai jalan alternatif yang praktis dan singkat dalam hal menyempurnakan bentuk alis.

Sakit Selama Proses Penyulaman

Sulam alis memang tidak memakan waktu yang banyak, tetapi tetap saja Anda harus melewati tahap-tahap dengan prosedur yang telah ditentukan. Proses pertama yang harus dilakukan oleh para ahli sulam alis ataupun dokter adalah dimana pada wajah akan digambar bentuk alis sesuai dengan keinginan dan bentuk wajah. Pada proses penggambaran bentuk alis menggunakan pensil alis biasa, yang dilanjutkan dengan mengisi alis dengan gambaran rambut yang dilakukan satu-persatu menyerupai rambut alis. Proses ini harus dilewati meskipun dokter atau ahli sulam alis, menggambar rambut rambut dengan menggunakan pen dengan ujung seperti silet. Pen ini yang akan menyayat kulit di sekitar alis untuk menanamkan tinta ke dalam lapisan epidermis kulit. Memang dalam proses ini para ahli sulam alis maupun dokter menggunakan anastesi untuk menghilangkan rasa sakit yang dirasakan, tetapi ada beberapa orang yang melakukan sulam alis tetapi tetap mengeluhkan rasa sakit yang tidak bisa diatasi oleh anastesi. Jadi sebaiknya Jika anda ingin melakukan sulam alis, pilihlah dokter ataupun ahli sulam alis yang dipercaya untuk merapikan dan memperindah bentuk alis anda.

Rusaknya Lapisan Epidermis

Proses penggambaran rambut alis para ahli sulam alis ataupun dokter menggunakan pen yang berisi tinta khusus saat menyayat alis. Pen tersebut berisikan tinta yang kemudian akan melukai sekitar alis dengan cara digoreskan, lebih tepatnya di bagian kulit. Tinta ini akan masuk pada lapisan bagian epidermis. Saat melakukan sulam alis menggunakan teknik sayatan dan pengisian tinta pada bagian kulit akan terserap masuk ke dalam lapisan kulit kedua. Masuknya benda asing seperti silet atau ujung pen dan tinta ke dalam kulit maka secara otomatis pori pori kulit akan menerima benda asing tersebut untuk masuk ke dalamnya, dimana hal ini dapat menyakiti yang akhirnya berdampak pada proses peredaran darah yang terhambat.

Akan Terjadi Iritasi Pada Kulit Sensitif

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif, sebaiknya berpikir ulang untuk melakukan sulam alis. Saat proses menggambar rambut alis dengan teknik menyayat serta memasukkan tinta ke dalam lapisan kulit epidermis, akan beresiko iritasi yang sangat besar bagi jenis kulit sensitif. Pada kulit yang tersayat dan masuknya benda asing ke dalam lapisan melalui pori-pori akan berefek membuat kulit menjadi merah, pedih dan juga sedikit terasa panas. Sebaiknya lakukan konsultasi pada ahli sulam ataupun dokter kulit sebelum memutuskan untuk melakukan sulam alis, terutama bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif.

Mengganggu Tumbuhnya Rambut Alis Yang Sebenarnya

Saat benda asing masuk ke dalam lapisan kulit bagian epidermis dan pori-pori, maka secara tidak langsung akan mengganggu pertumbuhan rambut asli alis. Setelah melakukan sulam alis maka lambat laun kerontokan rambut alis akan terjadi. Lapisan epidermis yang tidak sehat akan mengakibatkan rusaknya batang dan akar rambut, sehingga sebaiknya anda berpikir dua kali untuk melakukan sulam alis. Jangan sampai yang tadinya ingin memperindah, mempertebal rambut alis agar berbentuk sempurna justru akan membuat rambut alis yang asli rontok setelah melakukan sulam alis yang akhirnya akan memiliki bentuk alis yang aneh.

Timbul Bekas Luka Permanen

Bekas luka yang permanen tidak akan timbul bila saat melakukan sulam alis di tangani oleh  orang yang berketerampilan khusus dalam hal sulam alis dan juga di tempat yang sudah menjadi langganan. Baik dokter ataupun para ahli sulam alis yang memiliki keterampilan sudah pasti akan melakukan sulam alis mengikuti prosedur yang berlaku dan terbukti aman. Biasanya luka permanen ini didapatkan saat melakukan sulam alis di tempat yang mengenyampingkan prosedur serta kelengkapan perlengkapan yang digunakan saat melakukan proses sulam alis. Alih alih mendapatkan bentuk alis sempurna tetapi justru bekas-bekas luka dibagian alis yang akan nampak. Jadi sebaiknya pilihlah ahli sulam atau pun dokter yang akan menangani sulam alis anda.

Dapat Menularkan Penyakit

Peralatan sulam alis yang tidak terjaga kebersihannya, bisa menjadi sarang penyakit. Peralatan sulam alis yang dimiliki salon ataupun klinik sulam alis juga dapat beresiko untuk menularkan penyakit. Dalam sebuah klinik ataupun salon, jika staff yang menyediakan tempat untuk sulam alis tidak menjaga kebersihan peralatan sulam alis, maka akan meningkatkan risiko tertular penyakit bagi orang-orang yang melakukan sulam alis di tempat tersebut. Contohnya pen yang digunakan untuk menyayat lapisan kulit tidak steril, maka penyakit berbahaya seperti hepatitis hingga AIDS pun bisa di memperbesar resiko penularan. Pastikan memilih klinik atau salon yang tepat untuk melakukan proses sulam alis dengan peralatan yang benar-benar streil.

Bentuk Alis Tidak Sesuai

Sulam alis bisa dikatakan tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan alis, kulit, ataupun tubuh tetapi terkadang bentuk alis yang kurang sesuai dapat mengurangi kepercayaan diri Anda terutama saat berada di keramaian. Kurang sesuainya bentuk alis dengan bentuk wajah anda tentu sedikit mengganggu, baik untuk diri sendiri ataupun orang yang melihat. pilihlah dokter ataupun ahli sulam alis yang sudah terbukti kinerjanya, jangan sampai alis yang tidak simetris akan mempengaruhi kepercayaan diri Anda.

Ketergantungan

Sulam alis memang dapat merusak serta merontokkan rambut alis asli, dan hal itu akan membuat anda kembali datang ke klinik ataupun salon yang menyediakan jasa sulam alis demi memperbaiki bentuk alis yang anda miliki. Akibat dari ketahanan tinta yang digunakan untuk proses sulam alis menjadi faktor yang mengharuskan Anda datang kembali dan melakukan sulam alis. Akibat rusaknya lapisan epidermis karena sayatan pen dan tinta yang masuk ke dalam lapisan, akan membuat rambut asli pada alis sulit untuk tumbuh kembali. Hal tersebut akan mengakibatkan ketergantungan Anda pada sulam alis hanya untuk mendapatkan bentuk alis yang sempurna dan juga praktis.

Meninggalkan Bekas Tinta

Biasanya ketahanan tinta yang dihasilkan make up semi permanen sulam alis sekitar dua hingga tiga tahun. Tetapi seiring berjalannya waktu, kulit akan menua dan berkerut sehingga  sulaman pada alis terlihat tidak lagi tinggi. Tinta sisa hasil sulaman pada daerah sekitar alis akan terlihat kaku dan tidak alami seperti saat pertama kali melakukan sulam alis, yang akibatnya bentuk alis menjadi sedikit tidak teratur karena kulit wajah yang mulai berkerut karena bertambahnya usia

Check Also

7 lokasi wisata yang ramah dan aman bagi wanita

7 Lokasi Wisata Yang Ramah dan Aman Untuk Wanita

Banyak kasus kejahatan dan kriminal yang menjadikan wanita sebagai korban pada saat traveling, di Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *